Senin, April 15, 2024
Berita Tambang5 Langkah Mudah Ciptakan Lingkungan Kerja Aman dan Produktif

5 Langkah Mudah Ciptakan Lingkungan Kerja Aman dan Produktif

Langkah Ciptakan Lingkungan Kerja Aman – Keamanan dan keselamatan kerja tidak dapat dianggap enteng oleh siapapun, baik oleh perusahaan dengan 1.000 karyawan maupun 10 karyawan.

Dalam dunia industri, pihak pemberi kerja maupun karyawan harus memperhitungkan peraturan keselamatan, disiplin dalam tindakan dan pelatihan keselamatan kerja. Karena tindakan pencegahan kecelakaan kerja merupakan kunci untuk memelihara lingkungan kerja yang sehat, aman dan produktif.

[ez-toc]

5 Langkah Mudah Ciptakan Lingkungan Kerja Aman dan Produktif

Berikut beberapa tips terkait peningkatan keselamatan di tempat kerja yang dapat diaplikasikan oleh perusahaan:

  1. Manfaatkan Penggunaan Seragam Kerja dan Perlengkapan Safety

Seragam kerja merupakan bagian dari perlengkapan keselamatan yang merupakan salah satu bagian penting.

Selain itu, seragam kerja juga berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pekerja antar sesama pekerja maupun client, supervisor dan penandaan identitas. Sebagai contoh, ada beberapa warna helm pada area konstruksi yang menunjukkan kategori identitas pemakainya.

  1. Tingkatkan Visibilitas Jalur Keluar Darurat

Fasilitas kerja yang baik terdapat tanda, instruksi dan komunikasi yang tepat terkait pintu/jalur keluar darurat. Pembekalan informasi dibarengi dengan tanda jalur darurat yang baik dapat membantu semua pengguna fasilitas untuk mendeteksi pintu keluar darurat.

Perusahaan harus memetakan setiap pintu keluar dan memberikan  tanda emergency exit, memastikan efektivitas detektor asap, memasang tanda bagi petugas pemadam dalam menyemprotkan air ketika terjadi kebakaran, serta menyediakan APAR maupun alat pemecah kaca di setiap titik strategis fasilitas.

  1. Lakukan Diskusi Secara Terbuka

Sebulan sekali membahas keselamatan pada lingkungan kerja secara umum, untuk menilai efektivitas kebijakan serta metode keselamatan yang berlaku.

Juga untuk mendapatkan masukan dari karyawan terkait potensi bahaya yang tidak diketahui sebelumnya, yang belum teratasi dan seberapa baik kinerja keselamatan di area tertentu, hingga pembaruan kebijakan untuk menjamin keamanan dan keselamatan karyawan.

  1. Penerapan Kode Kesehatan dan Keselamatan

Kode kesehatan dan keselamatan sebagai penanda maupun pengingat bagi pekerja pada area tertentu itu, untuk melakukan tindakan tertentu dan menggunakan perlengkapan keselamatan terkait.

Penanda maupun instruksi keselamatan pada titik strategis, dengan itu perusahaan dapat membantu meminimalisir resiko human error yang dapat terjadi.

Misalnya di fasilitas industri kimia, ada penanda untuk mengenakan alas kaki plastik misalnya, instruksi cuci tangan dan memakai masker sebelum masuk ruangan laboratorium.

  1. Rutin Melakukan Pemeriksaan dan Perawatan Fasilitas

Tindakan pemeriksaan fasilitas secara rutin dilakukan untuk menjamin deteksi bahaya, mengurangi kecelakaan, serta meningkatkan kenyamanan para karyawan agar dapat bekerja lebih produktif.

Baca Artikel  Ini Dia Alasan Alat Berat selalu Berwarna Kuning!

Misalnya aplikasi material karet pada bagian ujung anak tangga untuk mengurangi resiko terpeleset, memperbaiki permukaan lantai area loading dock, serta perbaikan/penambahan lainnya yang perlu berdasarkan hasil pemeriksaan fasilitas perusahaan.

Itu dia sederet informasi mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja aman dan produktif. 

Jika kamu tertarik dengan informasi seperti ini atau informasi seputar pertambangan, bisa mengunjungi website Ilmu Tambang untuk eksplorasi lebih jauh. Atau bisa juga follow instagram Ilmu Tambang di @ilmutambang.id untuk mendapatkan update terbaru. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer