Senin, Mei 27, 2024
Berita Tambang8 Deretan Negara Pemilik Cadangan Bauksit Terbesar, Ada Indonesia?

8 Deretan Negara Pemilik Cadangan Bauksit Terbesar, Ada Indonesia?

ilmutambang.com – Bauksit merupakan salah satu bahan baku penting dalam produksi aluminium. Mengetahui tentang volume cadangan bauksit di seluruh dunia merupakan informasi kunci untuk memahami lebih lanjut terkait industri ini.

United States Geological Survey (USGS) memperkirakan volume cadangan bauksit global pada 2022 mencapai 31 miliar metrik ton kering. Cukup besar juga ya Kawan!

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apakah Bumi Pertiwi ini termasuk salah satu negara yang memiliki cadangan bauksit terbesar di dunia juga?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, melansir data Booklet Bauksit 2020 Kementerian ESDM, berikut 8 negara dengan cadangan bauksit terbesar di dunia. 

  1. Guinea

Guinea merupakan negara yang terletak di Afrika Barat. Negara ini menjadi pemilik cadangan bauksit terbesar di dunia. Guinea memiliki cadangan bauksit sebanyak 7,4 miliar metrik ton kering.

  1. Vietnam
Baca Artikel  Biar Umur Tambang Nikel Panjang, Ini Hal yang Perlu Dilakukan!

Vietnam berada di peringkat kedua dengan cadangan bauksit sekitar 5,8 miliar metrik ton kering. 

  1. Australia

Australia menduduki peringkat ketiga dengan cadangan bauksit sekitar 5,1 miliar metrik ton kering. Australia memiliki sejarah panjang dalam industri pertambangan dan pengolahan bauksit.

  1. Brasil

Brasil menempati peringkat keempat dengan cadangan bauksit sekitar 2,7 miliar metrik ton kering. 

  1. Jamaika

Jamaika menempati peringkat kelima dengan cadangan bauksit sekitar 2 miliar metrik ton kering ini. Industri bauksit di Jamaika telah berkembang pesat selama beberapa dekade ini.

  1. Indonesia

Indonesia menduduki peringkat keenam dengan potensi ekspor bauksitnya yang signifikan. Indonesia menjadi salah satu pemilik cadangan bauksit terbesar di dunia sekitar 1 miliar metrik ton kering. 

  1. Tiongkok
Baca Artikel  Melalui Kebijakan Ini, Ketimpangan Pekerja Perempuan di Tambang Bisa Teratasi!

Tiongkok merupakan produsen aluminium terbesar di dunia, berada di peringkat tujuh dengan cadangan bauksit sekitar 710 juta metrik ton kering.

  1. India

India berada di peringkat kedelapan dan memiliki industri aluminium yang berkembang pesat, dengan cadangan bauksit sekitar 660 juta metrik ton kering.

Kawan tambang, alumunium banyak sekali manfaatnya bagi manusia, mulai dari peralatan dapur, peralatan makan, peralatan kesehatan sampai pertahanan dan keamanan. Negara-negara pemilik cadangan bauksit dunia merupakan penopang industri berbahan dasar alumunium tersebut.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer