Jumat, Mei 14, 2021

Alasan Mengapa CSR Direalisasikan di Industri Tambang

Sebagai salah satu sektor penting dalam tatanan ekonomi negara, industri tambang dalam keberlangsungan pertambangan harus mampu meminimalisir dampak negatif dengan merealisasikan peranan perusahaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR)

Corporate Social Responsibility (CSR)

         Merupakan bentuk kontribusi oleh sebuah perusahaan untuk perkembangan masyarakat dan komunitas yang berada pada sekitar aktivitas perusahaan tersebut. Bentuk tanggung jawab sosial yang biasanya dilakukan perusahaan tambang adalah pembangunan fasilitas umum, memberikan beasiswa pendidikan untuk anak tidak mampu, sumbangan untuk fasilitas desa, dan bentuk lainnya yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Secara menyeluruh tujuan CSR ini adalah untuk membina hubungan baik antara pihak internal dan eksternal perusahaan. CSR juga diwujudkan untuk mencari sumber daya manusia yang potensial dan mampu melakukan tugas. Selain itu, CSR pun bertujuan dalam memberikan kontribusi langsung kepada lingkungan dan masyarakat di sekitar perusahaan.

Baca Juga : Cari Tahu Cara Kerja Peledakan Tambang Bawah Tanah

Adanya program CSR yang baik dalam perusahaan tambang akan sangat membantu perusahaan dalam membangun image. Dengan adanya image yang baik maka operasi pertambangan tidak akan diganggu oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan telah terciptanya hubungan mutualisme antar pihak. 

Keuntungan lainnya bagi perusahaan yang didapatkan dari penerapan CSR adalah menjamin pasokan bahan baku yang bisa berlanjut dalam jangka panjang serta menambah keuntungan dari unit usaha baru. 

Related Articles

Indonesia
94,857
Total active cases
Updated on May 14, 2021 1:04 pm

Latest Articles