Jumat, Juli 19, 2024
Berita TambangSah! Amerika Serikat Melegalkan Penambangan Luar Angkasa

Sah! Amerika Serikat Melegalkan Penambangan Luar Angkasa

ilmutambang.com – Tidak dapat dipungkiri, sumber daya tambang di Bumi secara perlahan-lahan akan menipis. Melihat hal tersebut, kini para ilmuwan mengajukan tawaran solusi yaitu dengan beralih menambang ke luar angkasa

Manusia tidak lagi menunggu meteor yang jatuh untuk dijual, tapi kini penduduk bumi sudah di tahap usaha menambang di luar angkasa. Sehingga kerusakan bumi akibat kegiatan pertambangan akan segera dapat diminimalisir.

Asteroid adalah materila yang dapat ditambang. Asteroid yang ditambang dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Asteroid Tipe C (Berkarbon)

Komposisi utamanya adalah karbon organik dan fosfor yang bermanfaat untuk pupuk tumbuhan.

  1. Asteroid Tipe S (Mineral Silikat)

Komposisi utamanya adalah logam, seperti nikel, kobalt, emas, platinum dan rhodium. Dengan ukuran kurang lebih 10 meter, asteroid ini mengandung 650 ton logam dan 50 kg logam jarang seperti platinum dan emas.

  1. Asteroid Tipe M (Moderat)
Baca Artikel  Sustainability Report sebagai Laporan Usaha Tambang

Komposisi utamanya yaitu logamnya yang dapat mencapai 10 kali lebih besar dibanding Asteroid Tipe S.

Pada 2017 Amerika telah mengesahkan dasar hukum bahwa perusahaan swasta berhak untuk melakukan penambangan sumber daya luar angkasa (namun tidak memiliki benda langit).

Presiden Amerika, Donald Trump juga menandatangani perintah yang mendorong para pelaku usaha untuk melakukan penambangan komersial di bulan, bintang dan planet lain.

Saat ini dua perusahaan tambang swasta asal Amerika Serikat, JAXA dan NASA tengah menjalankan misi pengambilan sampel asteroid untuk diteliti di bumi. Bahkan saat ini sudah ada universitas yang membuka jurusan khusus untuk mempelajari space mining. 

Namun di balik keuntungan yang menggiurkan, yaitu hingga kuadriliun, dibutuhkan teknologi yang mumpuni dan biaya operasional yang tidak kecil.

Baca Artikel  Yeay! Indonesia Siap Ketiban ‘Rezeki Nomplok’ Rp 465 Triliun

Demikianlah rencana manusia untuk memperluas jangkauan kegiatan tambangnya sampai ke luar angkasa. Tentu dengan keahlian, teknologi dan biaya yang tidak sedikit. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer