Rabu, Februari 1, 2023
Berita TambangSama Tapi Tak Serupa, Apa Perbedaan Teknik Pertambangan dan Perminyakan?

Sama Tapi Tak Serupa, Apa Perbedaan Teknik Pertambangan dan Perminyakan?

ilmutambang.com – Teknik Pertambangan dan Perminyakan merupakan dua jurusan berbeda, namun kedua bidang studi ini sama-sama mempelajari tentang proses pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA). 

Teknik Pertambangan berkutat dengan sumber daya mineral dan batubara, sedangkan Teknik Perminyakan berkutat dengan minyak dan gas bumi.

Perbedaan paling utama Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan adalah bahan yang dieksplorasi. Jika Teknik Pertambangan mempelajari penambangan benda padat, maka Teknik Perminyakan mempelajari penambangan cairan dan gas.

Teknik Pertambangan mempelajari penambangan mineral atau benda padat seperti logam, batubara, besi, aluminium, emas, perak, platina, timah dan berbagai jenis bahan tambang padat lainnya.

Baca Artikel  5 Jurusan yang Bisa Kerja di Dunia Pertambangan, Ada Jurusanmu?

Jurusan ini mempelajari proses pertambangan seperti, kegiatan prospeksi (penyelidikan umum), eksplorasi, eksploitasi (pengolahan bahan tambang), pengangkutan, sampai pemasaran hasil bahan tambang.

Lebih rinci nya, Teknik Pertambangan mempelajari berbagai sifat-sifat mineral yang akan ditambang, manfaatnya, cara menambangnya, proses pengolahannya, sampai perhitungan budget dari proses penambangan itu agar tetap efektif dan bermanfaat kegiatan penambangannya.

Sementara itu, jurusan Teknik Perminyakan mempelajari cara menambang mineral berharga yang bersifat cair seperti minyak bumi, gas alam dan panas bumi, yang kemudian dimanfaatkan menjadi sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (Geothermal).

Di jurusan ini, tidak hanya mempelajari cara membor titik sumber minyak, tapi banyak juga tahapan lainnya seperti Survey, Studi Kelayakan Investasi, Pengeboran, Completion, Produksi dan Well Intervention.

Baca Artikel  5 Komoditas Ekspor Pertambangan Ini Jadi Andalan Indonesia

Demikianlah penjelasan sepintas perbedaan keahlian antara Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan. Kawan Tambang yang kini tengah menempuh pendidikan di jenjang SMA, pas kuliah nanti tertarik masuk jurusan mana? Tim Teknik Pertambangan atau Teknik  Perminyakan nih?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer