Rabu, Februari 1, 2023
Berita Tambang5 Jurusan yang Bisa Kerja di Dunia Pertambangan, Ada Jurusanmu?

5 Jurusan yang Bisa Kerja di Dunia Pertambangan, Ada Jurusanmu?

ilmutambang.com – kerja di dunia industri pertambangan merupakan impian banyak orang, terutama fresh graduate yang baru lulus dari bangku perkuliahan.

Apabila Kawan Tambang ingin bekerja di dunia pertambangan dan bergaji tinggi, maka kamu harus mengambil jurusan kuliah yang dibutuhkan industri ini.

Pada umumnya, lulusan yang biasa kerja di pertambangan itu alumni teknik pertambangan dan teknik geologi. Tapi pada kenyataanya ada juga loh dari jurusan lain yang bisa bekerja di industri tambang. 

Terus pertanyaannya, jurusan apa lagi emangnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk langsung simak aja detailnya di bawah ini:

  1. Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan mempelajari proses penambangan, mineral dan batuan berharga, akan membuat orang menjadi ahli dalam pertambangan.

Baca Artikel  Indonesia Kembangkan Teknologi LTJ untuk Persiapan Eksplorasi

Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan ini adalah Institut Teknik Bandung (ITB) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

  1. Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan mempelajari penanganan limbah dari proses penambangan atau limbah dari proses perbaikan dan pemeliharaan unit.

  1. Teknik Geologi

Teknik Geologi mempelajari komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, hingga proses pembentukan Bumi. Jurusan ini tidak hanya fokus pada sumber daya saja, namun pada konstruksi bangunan dan bencana. 

Universitas yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Padjadjaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, dan Universitas Haluoleo.

  1. Teknik Sipil

Teknik Sipil mempelajari cara merancang, membangun dan merenovasi infrastruktur. Industri pertambangan memerlukan berbagai infrastruktur untuk mendukung proses pertambangan.

  1. Teknik Geofisika
Baca Artikel  Simak Tips Mengolah Batubara Jadi Energi Bersih

Teknik Geofisika mempelajari tentang ilmu kebumian dengan kaidah fisika, digunakan untuk menelaah dan menyelesaikan permasalahan pendayagunaan sumber daya alam, sumber daya energi dan sumber daya lingkungan.

Kampus yang memiliki jurusan adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Tak dipungkiri, industri pertambangan memang cukup menarik banyak orang. Selain menawarkan gaji yang cukup fantastis, meniti karir di industri ini juga memberikan gambaran masa depan yang cerah. 

Nah bagi Kawan Tambang yang saat ini menempuh pendidikan dengan mengambil salah satu jurusan di atas, sudah siap bekerja di pertambangan belum nih? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer