Kamis, Juli 25, 2024
MinerbaBatubaraApa Saja Syarat Masuk Jurusan Pertambangan? Cek Disini!

Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Pertambangan? Cek Disini!

Setiap jurusan memiliki syarat-syarat khusus dalam proses seleksi calon mahasiswa baru, begitu juga dengan jurusan Teknik Pertambangan. 

Kira-kira, apa saja syarat yang harus dipenuhi jika kalian ingin berkuliah di jurusan Teknik Pertambangan? Berikut ulasannya.

  • Lulus SMA/Sederajat

Ini adalah syarat utama ketika kalian mendaftar kuliah. Lulusan SMA/MA/SMK/SMF bisa mendaftar kuliah jurusan Teknik Pertambangan. Bagi kalian yang baru lulus SMA, kalian bisa mendaftar dengan seleksi yang ada. Selain lulusan SMA/sederajat, kalian yang dari program vokasi pun bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru.

  • Disarankan Berasal dari Jurusan IPA

Secara umum, ketika kalian berkuliah di jurusan Teknik Pertambangan, kalian akan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan kalkulus, fisika dasar, matematika teknik, komputasi tambang, geomorfologi, dan lain sebagainya. Sehingga jika kalian berasal dari jurusan IPA, akan lebih memudahkan ketika proses belajar Teknik Pertambangan.

  • Sehat Jasmani dan Rohani
Baca Artikel  Menambang Di Asteroid Bisa Bikin Kamu Kaya Raya

Kesehatan adalah salah satu hal yang dibutuhkan seorang mahasiswa untuk menjalani perkuliahan, termasuk di Teknik Pertambangan. Terlebih lagi proses kuliah dan praktikum di medan pertambangan tidak mudah. Oleh karena itu, universitas juga umumnya akan mensyaratkan mahasiswa yang sehat jasmani dan rohani.

Baca Juga : Dear Mahasiswa Tambang! Ini Tips Agar Skripsimu Cepat Selesai

  • Suka dengan Hitungan!

Jika berkuliah di Teknik Pertambangan, kalian harus siap menghadapi tugas maupun proyek yang melibatkan angka, pengukuran, ataupun sebangsa hitung-hitungan. Ilmu yang sering digunakan antara lain kalkulus, fisika, dan matematika. Jadi, pastikan kamu tertarik dan siap untuk menghadapinya di pertambangan. 

  • Punya Manajemen Waktu yang Efisien
Baca Artikel  Sejarah Batubara di Tanah Borneo

Syarat ini wajib kalian penuhi! Kalian harus memiliki manajemen waktu yang baik mengingat jurusan Teknik Pertambangan adalah jurusan yang super aktif. Kalian akan sering ke lapangan, proyek, survey pemetaan, hingga praktikum laboratorium.

Itu dia beberapa syarat masuk jurusan Teknik Pertambangan secara singkat dan garis besarnya! Untuk persyaratan umum dan lebih detail, biasanya akan tergantung pada ketentuan dari universitas tujuanmu.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer