Rabu, Februari 1, 2023
Berita TambangApa Tugas Cost Control di Pertambangan? Yuk Simak Penjelasannya

Apa Tugas Cost Control di Pertambangan? Yuk Simak Penjelasannya

Agar aktivitas yang dilaksanakan perusahaan pertambangan dapat tercapai sesuai dengan visi misi, maka perusahaan memerlukan sebuah alat perencanaan dan pengendalian terpadu, yaitu Budget dan Control.

Budget dan Control merupakan dua kegiatan berbeda tetapi fokus mengarah pada satu tujuan yang sama yaitu visi dan misi. Budget dan control saling menunjang, melengkapi dan saling bergantung satu dengan yang lainnya. 

Budget akan efisien apabila diimbangi dengan control yang efektif dan sebaliknya. Control dilakukan terhadap cost yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Cost control dilakukan agar profit perusahaan dapat dioptimalisasi.

Ada beberapa tugas dan tanggung jawab Cost Control untuk mengamankan kas perusahaan. Karena setiap aktivitas financing yang bersifat consumable dan inventarisasi dapat dimonitor oleh Cost Control.

Baca Artikel  Holding Kideco Fokus Diversifikasi Strategi Bisnis

1 Tugas utama Cost Control

Mengatur dan melaksanakan proses inventory setiap bulan dengan memastikan semua penghitungan inventory beserta bukti atau dokumen pendukungnya. Memastikan kebenaran setiap transaksi yang dilakukan. 

2 Tanggung jawab cost controller

Mengawasi keluar masuk seluruh barang, storekeepers dan receiving dengan memantau pembelian, harga barang dan penerimaan barang. Mengecek order pembelian dan market list dan membuat laporan daily flash cost. Melakukan inventory semua barang setiap bulan serta membuat laporan bulanan.

3 Standard Control atau Pengawasan

Mengawasi penerimaan barang dengan melakukan penghitungan quantity dan kualitas barang berdasarkan form order pembelian atau market list. Mengawasi barang yang keluar dari gudang dan mengecek semua dokumen pendukung untuk pembelian.

Baca Artikel  Hilirisasi Tambang Dorong Surplus Neraca Perdagangan

Jadi dapat disimpulkan bahwa cost control sangat penting bagi perusahaan, khususnya di sektor pertambangan, untuk menekan pengeluaran seminimal mungkin, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer