Minggu, Juni 16, 2024
MinerbaBatubaraMengulik Bahan Tambang Organik: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya

Mengulik Bahan Tambang Organik: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya

Terdapat banyak jenis bahan tambang yang sudah dikenal pelaku industri pertambangan, salah satunya adalah bahan tambang organik. Apa definisi bahan tambang organik? kenapa disebut organik?.

Definisi Bahan Tambang Organik

Bahan tambang organik terbentuk secara alamiah dari fosil makhluk hidup yang telah mengendap selama jutaan tahun. Proses pembentukannya melibatkan organisme yang telah mati, seperti tumbuhan dan hewan. Setelah itu, organisme akhirnya mengalami perubahan menjadi bahan tambang karena tekanan dan panas alamiah di dalam lapisan bumi.

Pertambangan dan penambangan adalah proses pengambilan bahan tambang dan ekstraksi endapan mineral tersebut. Bahan tambang organik merupakan komoditas yang dihasilkan dari kegiatan pertambangan ini.

Jenis dan Manfaat Bahan Tambang Organik

Berikut beberapa contoh bahan tambang organik, di antaranya:

  1. Batubara

Batubara terbentuk dari tumbuhan mati dan terakumulasi di rawa-rawa atau danau pada masa lampau. Tekanan dan panas alam mengubah bahan organik ini menjadi batubara.

Sementara itu, berdasarkan komposisi dan kegunaannya, bahan tambang organik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Minyak Bumi

Minyak bumi adalah bahan tambang organik terpenting, yang sangat berharga sebagai sumber energi. Minyak bumi terbentuk dari plankton dan organisme laut yang mengendap di dasar laut jutaan tahun lalu.

Baca Artikel  PT MAHA Teken Kontrak Senilai Rp1,2 Triliun dengan PT Kideco untuk Angkut Batubara
  1. Gas Alam

Gas alam awalnya terbentuk dari sisa-sisa organisme yang terperangkap di dalam lapisan bumi dan mengalami proses dekomposisi yang menyebabkan terjadinya pelepasan gas.

  1. Minyak Mentah

Minyak mentah (crude oil) adalah minyak bumi yang belum diolah, yang bermanfaat sebagai bahan bakar alat transportasi, bahan dasar industri kimia dan bahan baku pembuatan berbagai produk turunan minyak.

  1. Bensin

Bensin adalah hasil olahan minyak mentah yang mudah menguap dan terbakar. Bensin merupakan salah satu sumber energi yang vital untuk mobilitas modern, sebagai bahan bakar utama bagi kendaraan bermotor dan pesawat terbang.

Baca Artikel  Kideco Volleyball Tournament 2023 Sukses Digelar di Paser, Kaltim
  1. Gasolina

Gasolina adalah produk olahan minyak bumi berupa campuran hidrokarbon dan digunakan sebagai bahan bakar mesin pembakaran dalam, misalnya mesin mobil dan motor.

  1. Gas Metana

Gas metana adalah komponen utama dalam gas alam yang bermanfaat sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik, bahan bakar kendaraan dan bahan baku industri kimia.

  1. Kokas

Kokas adalah hasil dari pemrosesan batubara yang bermanfaat sebagai bahan bakar industri metalurgi, terutama dalam proses produksi besi baja.

Kawan tambang, manfaat bahan tambang organik sangat besar untuk mendukung kehidupan di dunia modern dan kemajuan industri. Namun karena sifatnya tidak berkelanjutan, maka perlu diupayakan untuk menggunakan bahan tambang organik ini secara penuh tanggung jawab ya..!

Baca Artikel  Intip Yuk Cara Mengolah Ragam Hasil Tambang untuk Perhiasan!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer