Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangBangga! Kideco Bangun PLTS di Kalimantan Timur

Bangga! Kideco Bangun PLTS di Kalimantan Timur

PT Kideco Jaya Agung (Kideco) yang merupakan anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY) kembali melakukan terobosan dengan bangun PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Paser, Kalimantan Timur.

Kideco membangun PLTS ini sejak Oktober 2020 di lingkungan perumahan karyawannya di Batu Kajang dan selesai pada Maret 2021. PLTS tersebut menggunakan solar panel sebanyak 999 unit dengan 3 inverter yang mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas 409 Kilowatt Peak (KWP) untuk penghematan penggunaan operasional selama 7 jam.

PLTS Kideco ini dalam jangka panjang akan memberikan efisiensi penghematan biaya sebesar 45% dibandingkan saat menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang selama ini digunakan Kideco.

Presiden Direktur Kideco, M Kurnia Ariawan mengatakan, pembangunan PLTS ini adalah langkah yang dilakukan Kideco untuk menuju “Green Mining” dan komitmennya untuk menjadi perusahaan yang bertanggung jawab dalam melakukan pembangunan secara asri yang memperhatikan sisi ekologis dari lingkungan hidup.

Baca Artikel  INDY Bidik 50% Pendapatan Sektor Non Batu Bara

Kurnia menyebut, inisiatif yang Kideco lakukan bertujuan untuk menjadikan Kideco sebagai tambang yang hijau dan bermanfaat bagi lingkungan hidup dan lingkungan sosial. Tidak hanya itu, Kideco bangun PLTS sebagai wujud implementasi dari anak usaha INDY dan diharapkan kedepannya dapat dikembangkan lebih banyak proyek serupa.

Sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, Kideco terus berupaya mendukung berbagai kebijakan pemerintahan yang berkaitan dengan perubahan iklim. Pembangunan PLTS ini juga merupakan upaya Kideco untuk mengimplementasikan Paris Agreement to the United Nations Framework Convention on Climate Change untuk meningkatkan energi terbarukan.

Baca Juga : PT Kideco Raih Top CSR Award 2021

Pembangunan PLTS Kideco yang menggunakan panel surya ini, dapat menghemat listrik berbayar dan mengurangi emisi gas rumah kaca penyebab kerusakan iklim akibat pemanasan global.

Baca Artikel  Kideco Sambut Baik Hasil Keputusan Pengesahan RUU Minerba

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer