Minggu, April 14, 2024
Berita TambangKeren! Kini Banyak Lubang Tambang yang Disulap jadi Objek Wisata

Keren! Kini Banyak Lubang Tambang yang Disulap jadi Objek Wisata

ilmutambang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah menggarap beberapa wilayah bekas tambang bijih timah yang banyak terdapat di daerahnya menjadi objek wisata baru.

Bangka Tengah memiliki sekitar 3.000 hektare wilayah bekas tambang yang tidak berproduksi lagi. Namun hanya sebagian kecil wilayah konsesi tersebut yang pernah digarap menjadi lahan tambang bijih timah. Jadi sebagian besar masih berwawasan lingkungan.

Di Indonesia terdapat beberapa objek wisata bekas tambang yang menjadi populer karena banyak dikunjungi wisatawan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Danau Kaolin di Bangka Belitung

Danau kaolin adalah bekas galian tambang timah berbentuk cekungan, yang sudah tidak berproduksi lagi dan dipenuhi air hujan.

Baca Artikel  Negara-negara dengan Cadangan Emas Terbesar, Ada Indonesia?

Warna air danau kaolin biru kehijauan serta gundukan tanah bekas tambang yang berwarna putih sangat indah.

Di Provinsi Bangka Belitung terdapat tiga danau kaolin yang populer yaitu Danau Kaolin Tetli di Bangka, Danau Kaolin di Belitung dan Danau Kaolin Air Bara di Bangka Selatan.

  1. Brown Canyon di Semarang

Brown Canyon adalah kawasan wisata perbukitan batu padas bekas pertambangan pasir. Wisata ini didominasi warna tanah kecoklatan yang sangat indah untuk diabadikan.

  1. Bukit Jamur di Gresik

Bukit jamur terletak di Kelurahan Bungah, Gresik, Jawa Timur adalah daerah bekas tambang batu kapur, yang menjadi bahan baku semen.

Bukit jamur terdiri dari banyak mushroom rock dengan berbagai ukuran, yang terbentuk oleh fenomena angin yang mengikis tanah dan pasir di bagian bawah batuan yang lebih keras.

Baca Artikel  Pelajari Yuk Good Mining Practice dan Penerapannya..
  1. Gua Tambang di Sawahlunto

Selama kurun waktu 1898 sampai 1932, Kota Sawahlunto di Sumatera Barat merupakan salah satu kota penghasil batubara kelas dunia.

Hingga saat ini, kota tersebut masih memiliki terowongan bawah tanah bekas jalur transportasi batubara, dari titik produksi terdalam sampai dibawa ke permukaan.

Kini terowongan sepanjang 185 meter tersebut sudah direnovasi dan dijadikan salah satu objek wisata andalan Sawahlunto.

Baca Artikel  Inilah Alat Pendeteksi Kebocoran Gas di Tambang Bawah Tanah

Itulah gambaran beberapa tujuan wisata bekas lahan tambang yang populer dan telah dikunjungi banyak wisatawan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer