Sabtu, Maret 6, 2021

Batubara Si Hitam Manis

Batubara Si Hitam Manis

Batubara Si Hitam Manis
Batubara Si Hitam Manis

Komoditas si hitam manis batu bara ini telah lama menjadi primadona untuk memenuhi kebutuhan energi.

Berbincang soal batubara, tentu kita sepakat bahwa batubara termasuk sumber daya alam (SDA) Indonesia yang sangat berharga.

Peran penting batu bara tidak dapat kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Minimal kita dapat menikmati aliran listrik dirumah. Dalam sektor perdagangan batubara bahkan sering disebut disebut sebagai emas hitam, sabab komoditas tersebut begitu berharga dan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. 

Jika kita telisik manfaat batu bara sangatlah banyak. Batubara merupakan salah satu sumber energi yang penting bagi dunia, yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik sebesar hampir 40% di seluruh dunia (Anonim, 2005).

Batubara telah memainkan peran yang sangat penting selama berabad-abad, tidak hanya membangkitkan listrik, namun juga merupakan bahan bakar utama bagi produksi baja, semen, pusat pengolahan alumina, pabrik kertas, industri kimia, serta farmasi.

Selain itu, terdapat pula produk-produk hasil sampingan batubara, antara lain sabun, aspirin, zat pelarut, pewarna, plastik, dan fiber (Anonim, 2005).

Baca Juga: Sejarah Batubara di Tanah Borneo

Apakah anda terkejut mengetahui betapa bergunanya material hitam ini? Sekarang anda pasti tertarik untuk mengenal batubara lebih jauh.

Apakah batubara itu dan bagaimana batubara bisa terbentuk?

Batubara adalah akumulasi sisa-sisa tumbuhan yang mati dan tidak sempat mengalami pembusukan secara sempurna, yang kemudian terpreservasi dengan baik dalam kondisi bebas oksigen (anaerobic) misalnya pada bagian bawah dari suatu danau atau pada endapan/sedimen berbutir sangat halus.

Related Articles

Indonesia
148,356
Total active cases
Updated on March 6, 2021 7:46 am

Latest Articles