Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangBegini Upaya Pemeliharaan Kideco di Lingkungan Tambang

Begini Upaya Pemeliharaan Kideco di Lingkungan Tambang

PT Kideco Jaya Agung yang merupakan anak usaha dari PT Indika Energy Tbk (INDY) turut berupaya untuk memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan di area operasional tambang melalui berbagai program, salah satunya adalah Corporate Social Responsibility (CSR).

Kideco menilai bahwa pemeliharaan dan pelestarian lingkungan menjadi hal penting yang harus dihadapi bersama saat ini.

Oleh karena itu, Kideco senantiasa mengambil langkah untuk memitigasi risiko dan dampak kegiatan produksi sekaligus melakukan upaya pemeliharaan dan pelestarian lingkungan untuk menjaga keberlanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Upaya untuk memelihara lingkungan menjadi salah satu faktor pertimbangan Kideco dalam mengalokasikan dana untuk kebutuhan CSR nya, karena upaya tersebut merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat memberikan manfaat sosial bagi masyarakat dan lingkungan itu sendiri.

Baca Artikel  Kideco Bantu Renovasi Gedung Isolasi Covid-19 di Paser

Upaya untuk memelihara lingkungan tambang melalui dana CSR dilakukan oleh Kideco misalnya pada tahun 2020.

Kideco mengucurkan dana CSR sekitar Rp47,5 miliar untuk pengelolaan lingkungan, inovasi efisiensi energi, serta program penghijauan dan konservasi hutan.

Upaya Kideco terhadap kelestarian lingkungan juga dibuktikan dengan penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML), efisiensi energi dan penurunan emisi, pengelolaan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) pada limbah B3 dan limbah padat non B3, pengelolaan efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, serta perlindungan keanekaragaman hayati.

Dalam melakukan upaya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan program tersebut, Kideco bekerja sama dengan induk usahanya, INDY serta berdialog dan melibatkan masyarakat, pemerintah, maupun organisasi lokal lainnya.

Baca Artikel  PT Kideco Raih Penghargaan Emas Ke-9 Sejak 2011

Berbagai upaya yang dilakukan Kideco ini tidak hanya memberikan manfaat sosial bagi masyarakat dan lingkungan, tetapi juga bertujuan untuk menciptakan manfaat bersama atau Creating Shared Value (CSV) dalam setiap operasional perusahaan sehingga tanggung jawab bersama dapat terbentuk.

Baca Juga : Kideco Kucurkan Dana CSR Rp 47 Miliar di 2020

Berkat sejumlah upaya yang dilakukan Kideco untuk memelihara lingkungan tambangnya, pada Desember 2020 lalu, Kideco berhasil meraih penghargaan PROPER Emas Nasional  untuk kedua kalinya, serta 3 penghargaan TOP CSR Awards 2021 pada April 2021.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer