Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangBekas Tambang Galian Batu Jember, Bikin Kepincut Warga untuk Datang

Bekas Tambang Galian Batu Jember, Bikin Kepincut Warga untuk Datang

ilmutambang.com – Jember ternyata punya tujuan wisata baru, lokasinya berada di pusat kota. Destinasi wisata pemandangan alam yang dijamin bisa membuat foto di Instagram-mu makin kece. Bahkan, lokasinya di jantung Kota Jember. Lantas, tempat wisata apakah itu? 

Yup, tempat estetik tersebut adalah wisata danau bekas tambang di Gunung Batu. Sebuah danau berwarna hijau berada di bekas tambang galian batu piring Dusun Karang Paiton, Desa Gumuksari, Kecamatan Kalisat, Jember. 

Wisata di Jember
Wisata di Jember. Foto: Instagram @rimakitchen.jbr

Danau ini terbentuk dan menampung air hujan sejak tidak beroperasi tahun 2015. Keberadaan danau tersebut, kata salah seorang warga, Wage Siswanto, mulai viral dan dikenal, setelah warga yang datang memviralkannya di media sosial.

Baca Artikel  Mengenal 6 Metode Pengeboran di Industri Tambang

Luasnya danau ini kurang lebih sekitar 70×70 meter persegi, dan ke dalamannya tergantung hujan. Bekas tambang batu di Gunung Batu tersebut sekarang telah memikat hati banyak orang. Tak heran, destinasi wisata alam ini selalu ramai karena warga yang datang bisa berswafoto dengan pemandangan indah. 

Wisata bekas galian tambang batu ini ada yang menamakan wisata Gunung Batu, tapi ada juga yang menyebut Wisata Bukit Duri Gunung Batu karena untuk masuk ke lokasi harus melewati gang bukit duri di Jalan Karimata.

Kawan tambang, wilayah bekas tambang apabila dikelola secara profesional tentu dapat menjadi tujuan wisata yang menarik, sekaligus tempat pelestarian lingkungan untuk melindungi ekosistem alam dari kerusakan.  

Baca Artikel  Biar Gak Berbahaya, Lakukan 7 Hal Ini Saat Mengelola Limbah Tambang

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer