Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangBiar Umurnya Panjang, Begini Cara Pemeliharaan Alat Berat di Pertambangan…

Biar Umurnya Panjang, Begini Cara Pemeliharaan Alat Berat di Pertambangan…

Pertambangan adalah industri yang bergantung pada alat berat seperti ekskavator, bulldozer, truk pengangkut dan banyak lagi. Alat berat merupakan tulang punggung industri pertambangan.

Untuk menjaga produktivitas dan keamanan, perawatan alat berat sangatlah penting.

Berikut lima hal penting dalam pemeliharaan alat berat pertambangan:

1. Pemeliharaan Berkala

Pemeliharaan berkala merupakan proses yang terjadwal secara rutin untuk merawat dan memperbaiki alat berat. Ini melibatkan pemeriksaan keseluruhan alat, penggantian suku cadang yang aus, dan pelumasan komponen tertentu. Dengan pemeliharaan secara berkala ini, alat berat akan dapat beroperasi secara efisien dan terhindar dari kerusakan yang tidak perlu.

2. Pengambilan Oli Secara Berkala

Memantau dan mengganti oli secara rutin merupakan langkah kunci dalam pemeliharaan. Oli yang bersih dan berkualitas akan melumasi mesin dengan baik dan mencegah keausan.

Baca Artikel  Mengenal Risiko Profesi Penambang Bawah Tanah Saat Bekerja

3. Kontrol Kontaminasi

Kontaminasi partikel debu, kotoran dan bahan asing lainnya dapat merusak komponen alat berat. Oleh karena itu, memeriksa kontaminasi adalah kunci perawatan alat berat. Ini melibatkan penggunaan filter udara, bahan bakar yang baik dan perawatan wilayah kerja tetap bersih, sehingga mencegah partikel kotoran masuk ke dalam mesin alat berat.

4. Condition Based Maintenance (CBM)

CBM adalah pemeliharaan cerdas dengan menggunakan sensor dan teknologi pemantauan. Alat berat dapat dipantau secara terus-menerus dengan mengumpulkan data yang digunakan untuk menentukan kapan pemeliharaan diperlukan berdasarkan kondisi aktual mesin.

5. Pencatatan (Recording)

Melakukan pencatatan pemeliharaan alat berat pada setiap perawatan yang dilakukan, penggantian suku cadang dan pemantauan kondisi. Ini membantu untuk memahami sejarah perawatan alat berat dan membuat keputusan pemeliharaan ke depannya.

Baca Artikel  Pesona Keindahan Wisata Bekas Tambang Arosbaya, Reliefnya Cantik

Perlu diketahui bersama, melalui pemeliharaan berkala seperti pengambilan oli berkala, kontrol kontaminasi sampai pencatatan yang baik tentu akan meningkatkan produktivitas alat berat dan dapat mengurangi downtime yang mahal.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer