Senin, April 15, 2024
Ilmu TambangCoal Tar, Cairan Batubara yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit

Coal Tar, Cairan Batubara yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit

Coal tar atau tar batubara merupakan cairan gelap tebal yang berasal dari gas batubara. Tar batubara ini biasanya dapat digunakan di bidang kesehatan. 

Salah satu manfaat coal tar bagi kesehatan yaitu bisa mengatasi gatal-gatal pada kulit. 

Selain itu, cairan batubara ini juga bisa mengobati masalah kulit lain seperti psoriasis (penyakit kulit yang disebabkan bercak tebal dan kulit merah) serta dermatitis seboroik (kondisi kulit yang menyebabkan bercak, kulit merah, dan ketombe di kulit kepala).

Berdasarkan jenisnya, coal tar adalah obat golongan keratoplastics. Obat jenis ini biasanya bekerja dengan cara melepaskan sel-sel mati dari lapisan atas dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit. Efeknya, obat ini dapat meredakan kulit yang bersisik dan kekeringan.

Baca Artikel  Ekspor Batubara Dibuka, Kini Produsen Banjir Pesanan

Baca Juga : 5 Wisata Pulau Bangka, Ada Danau Cantik Bekas Tambang Lho

Coal tar memiliki massa yang lebih berat dibandingkan air, dan dapat larut secara parsial dalam air. Bau coal tar mirip dengan naphthalene. Pada suhu yang lebih rendah, coal tar memiliki kandungan fenol dan asam yang lebih banyak. Sedangkan pada suhu tinggi, coal tar  mengalami peningkatan kandungan polisiklik aromatik hidrokarbon

Sesuai anjuran dokter, obat ini hanya untuk digunakan pada kulit saja. Untuk menghindari iritasi, jangan biarkan terkena mata, hidung, mulut, pangkal paha atau rektum. Jika terkena di daerah-daerah tersebut, basuhlah dengan air dingin selama 15 menit. 

Coal tar sebaiknya disimpan pada suhu ruangan di bawah 30 derajat, jauhkan dari cahaya langsung serta tempat yang lembab. 

Baca Artikel  Ternyata Limbah Batubara Punya Kandungan Mineral Berharga!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer