Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangCool! Patung Budha Ini Terbuat dari Emas dan Tembaga

Cool! Patung Budha Ini Terbuat dari Emas dan Tembaga

Patung Budha terbuat dari emas dan tembaga — Para arkeolog menemukan dua patung Buddha paduan emas tembaga di barat laut Provinsi Shaanxi, Tiongkok. Penemuan patung Buddha ini merupakan yang tertua dari jenis ini yang ditemukan di Tiongkok.

Dua patung Buddha itu ditemukan bersamaan dengan penggalian pemakaman kuno yang berasal dari Dinasti Han Timur (25-220 Masehi).

Patung-patung itu digali dari enam makam keluarga Dinasti Han Timur. Satu untuk Sakyamuni dan yang lainnya untuk Lima Tathgata.

Kedua patung itu juga ditemukan bersama dengan peninggalan budaya lainnya dari 3.600 makam kuno di Provinsi Shaanxi.

Tinggi total arca Sakyamuni adalah 10,5 sentimeter, diameter alas duduknya 4,7 sentimeter, dan tinggi total Lima Tathāgata adalah 15,8 sentimeter dan lebar 6,4 sentimeter.

Baca Artikel  Simak Ragam Jenis Bucket Excavator Beserta Fungsinya

Para arkeolog mengatakan bahwa patung-patung ukiran itu diyakini secara luas mewakili keyakinan agama, namun tidak muncul sampai Periode Enam Belas Kerajaan. Tepatnya dimulai 200 tahun lebih awal dari penemuan-penemuan sebelumnya.

Berdasarkan hasil awal karakteristik pemodelan, analisis proses pembuatan, dan deteksi komposisi logam Buddha, dapat disimpulkan bahwa kedua patung tersebut bergaya Gandhara dan dibuat secara lokal.

Kedua patung Buddha memiliki nilai penelitian penting untuk pengenalan dan Sinisisasi budaya Buddha.

Temuan patung Buddha sangat penting untuk studi pengenalan budaya Buddhis ke China dan lokalisasinya di negara ini.

Baca Juga : Keren! Berburu Tambang Emas Asteroid Luar Angkasa

Situs penggalian yang disebut pemakaman Hongduyuan di utara Chang’an, saat ini dikenal sebagai Xi’an, ibu kota dinasti Han dan Tang Tiongkok kuno. Tempat tersebut adalah kuburan kelas tertinggi pada periode selain makam kaisar.

Baca Artikel  Industri Batubara Penolong Ekonomi Negara

Sebagian besar dari mereka yang dikubur di pemakaman adalah kerabat kerajaan, pejabat senior, dan pejabat tinggi. Hal ini tercatat semuanya dalam buku-buku sejarah.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer