Kamis, April 18, 2024
MinerbaBatubaraDanau Cantik Bekas Tambang Batu Bara Di Kaltim

Danau Cantik Bekas Tambang Batu Bara Di Kaltim

Telaga Batu Arang (TBA) adalah danau cantik bekas tambang batu bara PT Kaltim Prima Coal (KPC) di Kalimantan Timur. Telaga ini dahulu adalah kolam pengendapan dan sedang dalam proses infrastruktur dan uji coba. Rencana kedepannya TBA akan dijadikan objek wisata dan keanekaragaman hayati.

Eco tourism menjadi sebutan yang tepat untuk telaga ini. Lahan seluas 270 hektar dengan telaga 12,34 hektar ini di reklamasi sejak 2001, dan direncanakan menjadi kebun botani, wisata edukasi dan menjadi zona wisata pascatambang di Sangatta, Kalimantan timur.

PIhak perusahaan, KCP berupaya untuk terus merekonstruksi telaga ini agar sesegera mungkin dapat dinikmati oleh wisatawan. Tidak hanya itu, dengan TBA menjadi objek wisata tentunya akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat dan daerah tersebut.

Baca Artikel  Indonesia Punya Harta Karun Bauksit 1,2 Miliar Ton!

KCP juga menyebutkan bahwa nantinya, para wisatawan juga akan disuguhkan area indah lainnya. Seperti, Bukit Pandang, Taman Nasional Kutai (TNK), Sungai Sangatta dan penangkaran Rusa Sambar yang merupakan salah satu satwa endemik.

Tidak hanya itu, TBA juga bisa menjadi salah satu tempat bagi wisatawan untuk menikmati dan mengamati berbagai jenis burung. 

Baca Juga : 7 Area Bekas Tambang Kini Jadi Wisata Instagramable!

Kegiatan pertambangan biasanya meninggalkan lahan dengan kondisi banyak lubang. Dengan adanya reklamasi ditujukan untuk mengembalikan lahan agar mampu dimanfaatkan kembali. 

Menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi, dengan adanya reklamasi menunjukkan adanya indikator bahwa perusahaan tersebut peduli keberlangsungan lingkungan baik untuk lahan maupun masyarakatnya.

Baca Artikel  Yes! Harga Batubara Akhirnya Melonjak, Nyaris 20% Loh

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer