Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangDigaji Hampir 10 Juta Per Bulan, Ini Tugas Utama Surveyor Tambang

Digaji Hampir 10 Juta Per Bulan, Ini Tugas Utama Surveyor Tambang

Profesi surveyor tambang adalah spesialis yang merencanakan dan mengendalikan semua tahap konstruksi struktur bawah tanah dan pengembangan pekerjaan tambang, mengatur pekerjaan dan menyesuaikan proses sesuai dengan rencana komisioning.

Pekerjaan surveyor tambang biasanya erat kaitanya dengan data, kejelasan dan riset. Semua elemen ini digunakan untuk pengukuran, pengolahan data, penyajian data hingga penggambaran data lapangan.

Surveyor tambang sejak awal telah terlibat dalam pengembangan gambar, konstruksi terutama struktur bawah tanah, terowongan, kereta bawah tanah, kontrol atas proses konstruksi di pertambangan. 

Tugas utama surveyor tambang adalah mengatur konstruksi struktur bawah tanah juga struktur tanah permukaan, dengan mempertimbangkan aturan operasi teknis dan ketentuan konservasi sumber daya alam dan lingkungan. 

Baca Artikel  Sektor Tambang Mendorong Ekonomi Nasional

Selain itu, bekerja sebagai profesi ini memiliki tanggung jawab mematuhi semua parameter desain sistem penambangan, semua parameter bangunan dan struktur di tambang dan di permukaan perusahaan pertambangan. 

Apabila kamu tertarik untuk bekerja di posisi ini, sebaiknya mengetahui dasar-dasarPert disiplin ilmu berikut:

  • Geodesi, yang mempelajari perbandingan citra bumi pada peta dan pengukuran secara akurat di lapangan selama berbagai kegiatan rekayasa.
  • Geologi, yang mempelajari komposisi, perkembangan dan sejarah kerak bumi dan mineralnya.
  • Topografi, yang mempelajari metode dasar penggambaran objek geometris dan geografis pada peta berdasarkan pekerjaan survei.
  • Matematika, yang digunakan dalam semua bidang kegiatan, berdasarkan studi tentang hubungan entitas yang tidak material.
  • Ekologi, yang mempelajari interaksi organisme satu sama lain dan dengan lingkungan.
Baca Artikel  Oranje Nassau, Area Bekas Tambang Disulap Jadi Tempat Wisata

Terkait gaji yang didapatkan, mengutip situs gajimu.com, gaji ahli surveyor berkisar dari Rp2.829.490 sampai Rp9.913.553 per bulan pada tahun 2022. Selain itu, seorang surveyor yang sudah bekerja selama lima tahun, gaji yang didapatkan akan meningkat berkisar Rp3.343.792 sampai Rp7.645.074 per bulannya untuk jam kerja 40 jam selama seminggu.

Itu dia informasi mengenai definisi, tugas, gaji, tanggung jawab serta beberapa disiplin ilmu yang perlu kamu kuasai apabila tertarik bekerja sebagai surveyor tambang. Nah setelah mengetahui itu semua, Kawan Tambang siap jadi surveyor tambang belum nih? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer