Minggu, Februari 25, 2024
MinerbaBatubaraIntip 4 Barang Tambang Indonesia yang Jadi Rebutan Dunia!

Intip 4 Barang Tambang Indonesia yang Jadi Rebutan Dunia!

ilmutambang.com – Indonesia merupakan negara yang kaya Sumber Daya Alam (SDA), salah satunya yaitu hasil pertambangan. Bahkan hasil alam Tanah Air ini telah dijual untuk memenuhi kebutuhan dunia, seperti telah diekspor ke negara-negara di Eropa dan juga Malaysia. 

Ragam hasil pertambangan Indonesia yang dibutuhkan dunia di antaranya seperti batubara, nikel, besi, baja hingga tembaga. 

Nah Kawan Tambang penasaran kan total berapa banyak barang tambang yang berhasil diekspor ke berbagai negara di dunia? Yuk simak penjelasannya di bawah ini: 

  1. Batubara

Pada pertengahan 2022 lalu, Indonesia sepakat meningkatkan ekspor energi ke negeri Jiran, Malaysia. Salah satu komoditas yang akan diekspor adalah batubara.

Malaysia sudah sejak lama menjadi salah satu mitra dagang utama Indonesia. Negeri Jiran ini menjadi negara tetangga terdekat Indonesia, dan merupakan tujuan dari ekspor barang tambang, khususnya batubara.

Baca Artikel  Cerita Driver Cantik Batubara yang Bermimpi jadi Pramugari

Indonesia merupakan negara pengekspor batubara terbesar bagi Malaysia. Pada 2021, Malaysia mengimpor batubara sebanyak RM16,6 miliar dengan 73,8 persen-nya berasal dari Indonesia.

Sementara untuk tahun ini, Pemerintah mengekspor batu bara ke Malaysia dengan nilai mencapai USD2,64 miliar untuk tahun kontrak 2022. Batuan panas ini nantinya akan digunakan untuk kebutuhan listrik Tenaga Nasional Berhad (TNB) Malaysia.

Kontribusi Indonesia dalam memenuhi kebutuhan energi di Malaysia sangat besar, sehingga hal ini menjadi pendorong bagi Indonesia untuk tetap menjaga neraca perdagangan tetap surplus dengan Malaysia.

  1. Besi dan Baja

Indonesia merupakan negara eksportir ke-enam terbesar ke Malaysia setelah China, Amerika Serikat, Singapura, Jepang, dan Taiwan. Beberapa produk ekspor nonmigas yang naik cukup tinggi, salah satunya besi dan baja naik sebesar 65,89 persen pada akhir 2021.

Baca Artikel  Tertarik Masuk Jurusan Pertambangan? Siapkan Soft Skills Ini

Jenis baja yang diimpor Malaysia di antaranya berupa produk baja Hot Rolled Coil (HRC), Hot Rolled Plate (HRP), dan Hot Rolled Pickled Oil (HRPO) yang pada 2021 dilakukan melalui pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera, Cilegon, Banten.

  1. Nikel

Indonesia dikenal sebagai produsen nikel terbesar di dunia. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), volume ekspor produk olahan nikel nasional pada kuartal I 2022 berjumlah 115,52 juta kg.

Salah satu negara tujuan ekspor nikel RI yaitu ke Malaysia. Ekspor nikel ke Malaysia sebanyak 10,52 juta kg (USD69,9 juta) untuk menjadi negara ke-4 terbesar tujuan ekspor. 

Sementara itu Pemerintah berkomitmen untuk mendorong hilirisasi industri di Indonesia untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Hal ini dibuktikan dengan kebijakan larangan ekspor sejumlah komoditas tambang unggulan dalam bentuk mentah seperti nikel.

  1. Tembaga
Baca Artikel  Mengenal Proses Terbentuknya Batubara

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor tembaga di dunia yang memberikan peluang untuk menguasai pangsa pasar dunia.

Sama seperti ketiga barang tambang di atas, negara tujuan ekspor tembaga terbesar RI adalah malaysia. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor tembaga Indonesia ke Malaysia pada akhir 2021  meningkat sebesar 265,11 persen.

Itu dia Kawan deretan barang tambang asal Indonesia yang berhasil memenuhi kebutuhan dunia. Melihat beberapa hasil ekspor tersebut tercatat ada yang menunjukan hasil surplus, semoga keuntungannya juga bisa bermanfaat bagi rakyat Indonesia.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer