Minggu, April 21, 2024
Ilmu Tambang4 Komoditas Tambang Ini Bikin Amerika Ketergantungan ke RI

4 Komoditas Tambang Ini Bikin Amerika Ketergantungan ke RI

Per bulan April 2022, Amerika merupakan negara tujuan ekspor komoditas tambang terbesar nomor dua Indonesia. Ekspor hasil tambang Indonesia ke Amerika pada periode itu tercatat sebesar $2,46 miliar.

Amerika Serikat pun sangat bergantung atas kekayaan sumber daya alam Indonesia. Karena 23 dari 88 bahan galian tambang tersebut menjadi prioritas untuk pertahanan nasional dan ekonomi Amerika.

Komoditas bahan tambang dari Indonesia saat ini tengah diperebutkan oleh berbagai negara. Bahkan menurut berbagai sumber, negara-negara seperti china mulai melakukan ekspansi untuk meningkatkan suplai demi memenuhi kebutuhan dalam negeri. Apa saja komoditasnya?

  1. Nikel
    Nikel semakin dicari karena merupakan komponen penting untuk pembuatan baterai kendaraan listrik dan sejumlah perlengkapan elektronik. 
    Data dari Forbes mencatat bahwa produksi nikel Indonesia di tahun 2020 jumlahnya mencapai 2.5 juta ton dan mampu menguasai sampai dengan 60% produksi nikel dunia. Tidak salah jika kemudian Amerika mendatangkan pasokan nikel dari Indonesia
  2. Timah
    Produksi timah Indonesia mengalami penurunan sejak tahun 2018, namun ekspor timah masih berjalan cukup lancar di tengah sejumlah tantangan, seperti pandemi dan konflik Ukraina-Rusia.
    Tercatat walaupun dihantam dengan dua tantangan di atas, ekspor timah ke Amerika, termasuk ke sejumlah negara-negara di Eropa tidak terdampak. 
  3. Besi
    Komoditas besi dan juga produk turunannya, baja, menjadi unsur penting dalam industri konstruksi. 
    Menurut Geological Survey Amerika, Indonesia rata-rata setiap tahun mampu menjual 12 juta ton besi ke luar negeri setiap tahun, termasuk ke Amerika Serikat. . 
  4. Tembaga
    Tembaga merupakan barang tambang berupa logam lunak dengan struktur yang elastis dan lembut. Tembaga memiliki konduktivitas termal dan konduktivitas listrik yang tinggi, membuatnya dibutuhkan dalam berbagai industri khususnya industri perangkat elektronik.
Baca Artikel  Cadangan Nikel Indonesia Mencapai 4,5 miliar Ton

Pada 2021, ekspor tembaga Indonesia jumlahnya sampai menyentuh angka 2 juta ton, sedangkan konsumsi domestik sekitar 1,1 juta ton. Tidak salah, jika Amerika yang sering memproduksi berbagai perangkat elektronik membutuhkan pasokan tembaga, termasuk dari Indonesia. 

Baca Juga: Yeay, Keran Ekspor Batubara Dibuka Lagi!

Itu dia empat komoditas andalan tambang Indonesia yang banyak diekspor ke Amerika Serikat. Semoga dengan banyaknya Indonesia ekspor ke luar negeri bisa membuat neraca perdagangan surplus. 

Nah, jika kamu tertarik dengan informasi seputar tambang, bisa mengunjungi website Ilmu Tambang untuk bisa eksplore lebih jauh. Atau bisa juga follow instagram Ilmu Tambang di @ilmutambang.id atau media sosial lainnya. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer