Senin, April 15, 2024
Berita TambangFakta Kota Sawahlunto Jadi Warisan Dunia Tambang UNESCO

Fakta Kota Sawahlunto Jadi Warisan Dunia Tambang UNESCO

Sebagai warga Indonesia, kita seharusnya bangga bahwa Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto yang terletak di Sumatera Barat telah ditetapkan menjadi Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2019. 

Selain Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, terdapat 35 situs lain di dunia yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2019.

Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto memang cukup unik. Tambang ini bahkan disebut-sebut mirip tambang batubara Belgia lho Kawan. Berikut ini beberapa fakta istimewa tentang Sawahlunto yang perlu kamu ketahui!

1. Tambang Batubara Tertua di Asia Tenggara

Sawahlunto dikenal sebagai situs tambang batubara tertua di Asia Tenggara. Sawahlunto secara geografis terletak di lembah yang sempit di sepanjang pegunungan Bukit Barisan.

Kota itu sendiri dikelilingi oleh beberapa bukit, yaitu Bukit Polan, Bukit Pari, dan Bukit Mato. Eksploitasi batubara di Sawahlunto dilakukan sejak abad ke-19. Sejak itu, daerah pedesaan ini berkembang dan menjadi lokasi penambangan.

Baca Artikel  Harga Batubara Acuan Januari Meroket ke US$ 75 Per Ton

Dahulu tambang ini dikelola oleh pemerintah kolonial hingga akhirnya pengelolaan berpindah ke PT Bukit Asam Tbk.

  1. Masih Terdapat Beberapa Peninggalan Asli

Di kawasan Tambang Batubara Ombilin ternyata masih terdapat beberapa peninggalan asli dari zaman dahulu lho. 

Peninggalan tersebut di antaranya seperti Mbah Soero, perumahan pekerja dan pekerja tambang (Tangsi Baru dan Tanah Lapang), pemfilteran batubara, pabrik kereta api, kantor pemerintah, pemukiman, pemkot.

  1. Terpilih karena Unggul

    Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto terpilih menjadi Warisan Dunia Unesco dinilai karena unggul dalam dua kategori, Nilai Universal Luar Biasa (Outstanding Universal Value) sehingga terpilih menjadi Warisan Dunia UNESCO.

    Pertama adalah kriteria II bahwa Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto menunjukkan adanya pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa terkait dengan eksploitasi batubara di masa akhir abad ke-19 sampai dengan masa awal abad ke-20 di dunia, khususnya di Asia Tenggara.

    Sementara, kriteria IV tentang contoh luar biasa dari tipe bangunan, karya arsitektur dan kombinasi teknologi atau lanskap yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah manusia.
  1. Ada Beberapa Pilihan Tempat Wisata 
Baca Artikel  Indonesia Ternyata Punya Gunung Emas Loh, Jumlahnya Bejibun!


Lubang tambang batubara bawah tanah Sawahlunto telah diubah menjadi lokasi pendidikan serta wisata. Apabila Kawan Tambang berencana ke sini, bisa mengunjungi beberapa tempat wisata. 

Kamu bisa mengunjungi Museum Tambang Batubara Ombilin yang terletak di sebelah kantor Unit Pernambangan Ombilin (UPO)  Sawahlunto.

Untuk area bekas tambang, PT Bukit Asam Tbk mengubah lahan tersebut menjadi area wisata, yaitu Kebun Binatang Kandi, danau, arena pacuan kuda, arena olahraga dan fasilitas umum lainnya untuk masyarakat Sawahlunto.

Itu dia deretan fakta menarik seputar tambang batubara Ombilin yang menjadi Warisan Dunia UNESCO. Melihat hal yang ditawarkan tambang batubara ini, sepertinya Kawan Tambang perlu mengunjungi tempat ini untuk memperkaya wawasan terkait dunia tambang batubara di Indonesia.

Jadi, Kawan Tambang mau kapan nih berkunjung ke Tambang Batubara Sawahlunto? 

Baca Artikel  Ini Strategi Kideco Jaga Kesinambungan Operasi Kala Pandemi

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer