Selasa, April 16, 2024
Berita TambangBelum Banyak Orang Tahu, Berikut 5 Fakta Menarik Tambang Lithium di Argentina

Belum Banyak Orang Tahu, Berikut 5 Fakta Menarik Tambang Lithium di Argentina

ilmutambang.com – Lithium adalah logam paling ringan dengan konduktivitas panas dan listrik yang luar biasa. Logam ini menjadi magnet bagi industri teknologi, khususnya dalam produksi baterai untuk mobil listrik dan perangkat lainnya. Salah satu negara dengan tambang lithium terbesar di dunia yaitu Argentina.

Argentina dapat memproduksi lithium karbonat mencapai 40 ribu ton metrik (mt) dan diprediksi meningkat sampai tiga kali lipat tahun depan.

Pemerintah Argentina memperkirakan pada akhir 2023 ini produksi lithium mereka akan meningkat setidaknya 50 persen hanya dalam satu tahun, yaitu mencapai 60.000 mt.

Tambang Lithium
Tambang Lithium

Berikut ini beberapa fakta menarik seputar tambang lithium Argentina:

  1. Sebaran Sumber Daya Litium di Amerika Selatan

    Lithium banyak ditemukan di berbagai lingkungan, termasuk air asin, pegmatit, sumur minyak, ladang panas bumi dan air laut. Cadangan yang dicatat, 85% lithium berada di Bolivia, Chile dan Argentina, di dataran garam Salinas Grandes. 
  2. Tantangan Sosial

    Hadirnya pertambangan lithium pada 2010 memicu kekhawatiran dan protes dari 33 komunitas Kolla yang tinggal di sekitar dataran garam Salinas Grandes. Masyarakat Kolla merasa hidup mereka terancam oleh rencana ekstraksi lithium tersebut.
    Baca Artikel  Indonesia Punya ‘Harta Karun Tambang’ Ini, Eropa Dibuat Panas Dingin..
  3. Reformasi Konstitusi dan Respons Masyarakat

    Reformasi konstitusi lokal yang terjadi secara cepat pada akhir Mei 2023, setelah pemilihan provinsi di Jujuy itu memicu protes besar-besaran di seluruh provinsi tersebut. Beberapa lembaga hak asasi manusia internasional mengutuk kekerasan yang terjadi di sana. 
  4. Resistensi Komunitas

    Resistensi masyarakat terhadap penambangan lithium tidak hanya bersifat ideologis, tetapi juga praktis. Mereka menuntut jaminan bahwa eksploitasi litium tidak hanya menguntungkan industri, tetapi juga memberikan manfaat dan perlindungan bagi mereka yang tinggal di sekitar tambang. 
  5. Tantangan Lingkungan

    Proses ekstraksi lithium membutuhkan air dalam jumlah besar, sementara Salinas Grandes memiliki curah hujan yang sangat rendah, sehingga air menjadi sumber daya yang langka.  Muncul kekhawatiran dampaknya terhadap pasokan air untuk kehidupan sehari-hari dan pertanian penduduk setempat. 

    Baca Artikel  Melihat Perubahan Helm Tambang: Dari Inisiatif Franz Kafka hingga Zaman Modern
  6. Perspektif Pengamat

    Para pengamat memperhatikan debat di tingkat nasional di Argentina, yang mencerminkan dilema yang dihadapi negara-negara produsen lithium. Terutama untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan ekonomi dan perlindungan lingkungan.

Kawan tambang, lithium saat ini telah menjadi incaran bagi industri mobil listrik. Argentina bisa menjadi bahan pelajaran bagi produsen lithium lainnya dalam menjaga tarikan industri dan kelestarian alam.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer