Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubaraFaktor Produksi Natural pada Tambang Batubara

Faktor Produksi Natural pada Tambang Batubara

ilmutambang.com – Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki memiliki banyak kekayaan dan potensi sumber daya alam untuk dimanfaatkan, salah satunya adalah tambang batubara. 

Tambang batubara merupakan faktor produksi natural. Maksudnya apa? Intinya batubara merupakan batuan sedimen yang diperoleh dari proses pembakaran dan kemudian menjadi endapan organik. Selain itu, batubara juga merupakan bahan bakar fosil.

Batubara merupakan sisa-sisa tumbuhan yang terbentuk dari sebuah proses pembatubaraan yang tersusun dari karbon, hidrogen dan oksigen.

Baca Artikel  Lewat Kideco, Indika Siap Produksi 34 Juta Ton Batubara pada 2023


Penambangan batubara di Indonesia lebih banyak dilakukan di atas permukaan tanah, meskipun sebenarnya ada juga penambangan yang dilakukan di bawah tanah. 

Namun sayangnya di Indonesia masih belum melakukan penambangan di bawah laut. Berbeda dengan Jepang, mereka sudah melakukan penambangan bawah laut, yaitu di Pulau Ikeshima.

Seperti diketahui, batubara merupakan sumber daya alam tambang yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya yaitu adanya listrik yang kita gunakan dalam menunjang aktivitas setiap hari. Tanpa adanya batubara untuk bahan bakar di PLTU, tentunya kita tidak bisa menikmati energi listrik.

Baca Artikel  Ini 5 Produsen Batubara Terbesar di Indonesia, Ada PT Kideco Jaya Agung

Selain itu, ternyata ada lagi lho kegunaan batubara. Apa saja? Yuk simak di bawah ini: 

  1. Tenaga Pembangkit Listrik

Secara umum telah diketahui bahwa batubara digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik. Beberapa negara sudah menerapkan tenaga pembangkit listrik dari batubara, seperti China, Jepang, India, Australia dan Indonesia.

  1. Produk Gas

Batubara juga makin banyak digunakan sebagai gas alam, yang kini sering digunakan untuk bahan bakar industri, pembangkit listrik, solar dan hidrogen.

  1. Produksi Semen

Batubara memang bukan bahan baku utama pembuat semen, namun digunakan sebagai bahan produksi semen. Sehingga tidak heran jika batubara masih sangat dibutuhkan hingga kini.

Demikian pemaparan singkat tentang tambang batubara yang masuk ke dalam faktor produksi natural. Semoga informasi ini bermanfaat ya Kawan. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer