Jumat, Maret 1, 2024
MinerbaBatubaraIni 5 Produsen Batubara Terbesar di Indonesia, Ada PT Kideco Jaya Agung

Ini 5 Produsen Batubara Terbesar di Indonesia, Ada PT Kideco Jaya Agung

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), salah satunya yaitu SDA tambang batubara. 

Mengutip data Kementerian ESDM, tercatat pada tahun 2022 ekspor batubara Indonesia mencapai titik tertinggi dalam sejarah yaitu 671,75 juta ton melebihi target produksi yang ditetapkan pemerintah sebesar 663 juta ton.

Melihat data tersebut, perusahaan tambang di Indonesia pun sangat banyak dan menjamur, terutama di pulau sulawesi yang kaya akan nikel dan Kalimantan yang kaya akan batubara.

Terus pertanyaannya, siapa saja deretan teratas perusahaan tambang yang menjadi produsen terbesar batubara Indonesia? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini: 

  1. PT Kideco Jaya Agung
Baca Artikel  Coal Tar, Cairan Batubara yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit

PT Kideco Jaya Agung merupakan anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY). Diketahui, PT Kideco Jaya Agung mengelola area tambang di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Sampai Januari 2023, adapun wilayah tambang milik PT Kideco di paser memiliki luas sekitar 47.500 hektare.

Dari hasil luas wilayah operasional tambang tersebut, pada tahun 2022 Kideco memproduksi 34,8 juta ton batubara. Dari hasil produksi tersebut, perusahaan ini telah mengalokasikan 27,6 persen (9,6 juta ton) untuk kebutuhan dalam negeri. 

Pengalokasian ini juga pada kenyataannya Kideco telah melebihi persyaratan  Domestic Market Obligation (DMO) 25 persen yang ditetapkan pemerintah.

  1. PT Adaro Indonesia

PT Adaro Indonesia merupakan anak usaha PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Adapun PT Adaro Indonesia memiliki luas wilayah tambang sekitar 31.380 hektare.

  1. PT Kaltim Prima Coal (KPC)
Baca Artikel  Ini Ternyata Penyebab Utama Harga Batubara Terus Anjlok!

PT KPC merupakan anak usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Diketahui, PT KPC mengelola dua area tambang di Kalimantan Timur, yaitu Sangatta dan Bengalon. Keduanya memiliki luas konsesi 84.938 hektare.

  1. PT Borneo Indobara

PT Borneo Indobara merupakan anak usaha Golden Energy and Resources Ltd yang tercatat di Bursa Efek Singapura.

PT Borneo Indobara memiliki area pertambangan yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

  1. PT Berau Coal

PT Berau Coal merupakan anak usaha PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU). PT Berau Coal berlokasi di wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Itu dia deretan perusahaan tambang di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran mereka pun secara tidak langsung memainkan peran penting dalam menunjang operasional industri pertambangan di negara ini.

Baca Artikel  Lewat Kideco, Indika Siap Produksi 34 Juta Ton Batubara pada 2023

Melihat lahan dan hasil produksi batubara yang besar cukup, para kontraktor tambang ini juga ikut membantu meningkatkan ekonomi Indonesia dan menunjang kesejahteraan masyarakat.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer