Sabtu, November 27, 2021

Hai Anak Tambang! Tahu Tentang Limbah Cair Tambang Belum?

  1. Air Tambang

Air tambang adalah salah satu jenis limbah yang dihasilkan dengan beberapa cara tergantung dari aktivitas pertambangan.

Untuk tingkat kontaminasi limbah sangat bervariasi. Kendati demikian, bahaya yang dihasil tetap sama, yaitu pencemaran lingkungan.

Limbah cair tambang mempunyai kandungan asam yang tinggi, maka dari itu umumnya air yang ada di sekitar tambang harus dipantau dengan teliti.

Di samping itu, perusahaan juga harus memperhatikan strategi pengolahan limbah yang digunakan untuk mengolah jenis limbah cair sebelum dibuang ke badan air. 

2. Water Treatment Sludge

Water treatment sludge yaitu jenis limbah cair tambang yang dihasilkan dari sisa lumpur akibat proses pertambangan.

Untuk kandungan asam yang ada di dalamnya memang sedikit mirip dengan air tambang, namun ada kandungan tambahan yang tidak kalah berbahaya bagi lingkungan.

Contohnya zat kimia dan bahan padat sisa pengolahan material tambang.

Namun, yang juga harus diketahui bahwa tidak semua limbah cair tambang berbahaya. Limbah yang berbahaya adalah limbah yang tidak melalui proses pengolahan air limbah terlebih dahulu dan langsung dibuang melalui saluran pembuangan. 

Untuk mengatasi bahaya limbah cair sangatlah mudah, biasanya perusahaan tambang menghadirkan water treatment plant yang dapat menghilangkan zat berbahaya di dalam limbah cair sebelum akhirnya dibuang.

Water treatment, perusahaan dapat mendapatkan air limbah buangan yang telah sesuai dengan standar baku mutu dan memisahkannya dari kontaminan.

Related Articles

Indonesia
8,093
Total active cases
Updated on November 27, 2021 4:16 pm

Latest Articles