Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangIndonesia Punya Harta Karun Langka! Di Sini Lokasinya..

Indonesia Punya Harta Karun Langka! Di Sini Lokasinya..

Indonesia Punya Harta Karun – Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia memiliki potensi mineral timah yang cukup besar dan tersebar di beberapa wilayah.

Timah sendiri tentu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, seperti bahan untuk membuat baja, kaca, bahkan logam.

Banyak yang belum mengetahui, sisa hasil pengolahan timah yakni monasit, ternyata dapat diekstraksi menjadi Logam Tanah Jarang (LTJ). Melihat potensi tersebut, Amerika Serikat hingga China tertarik untuk membeli harta karun dari Indonesia ini loh.

Namun sebaiknya LTJ dimaksimalkan terlebih dahulu untuk kepentingan bangsa.

Untuk itu, diperlukan regulasi dalam pemanfaatan harta karun super langka ini dengan tujuan memproteksi investasi dalam pemanfaatan dan pengembangan LTJ.

Baca Artikel  Tips Mendapatkan Sertifikasi Operator Alat Berat Tambang

Logam Tanah Jarang tersebar di beberapa daerah Indonesia. Di antaranya adalah Provinsi Sumatera Utara sebanyak 19.917 ton. Provinsi Bangka Belitung, LTJ berupa monasit sebanyak 186.663 ton dan senotim sebanyak 20.734 ton. Kalimantan Barat terdapat LTJ Laterit sebanyak 219 ton dan Sulawesi Tengah LTJ Laterit 443 ton.

Baca Juga: Inilah Wilayah Penghasil Migas dan Batubara di Indonesia

Saat ini tahapan eksplorasi LTJ di Indonesia masih terbatas di 8 lokasi, ini pun baru dilakukan eksplorasi awal. Potensi LTJ yang ada di Bangka Belitung cukup besar, yaitu mencapai 300 ton. Pada tahun 2022 PT Timah diharapkan dapat memproduksi 1.000 ton per tahun.

Masalah utama yang dihadapi dalam pengelolaan potensi LTJ adalah ketersediaan teknologi yang proven. Karena BUMN hanya boleh investasi di teknologi yang sudah proven 1.000 ton per tahun. Maka saat ini sedang dilakukan penjajakan untuk kerjasama dengan Kanada.

Baca Artikel  Hubungan dan Kontribusi Industri Tambang terhadap SDGs 2030

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer