Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangTips Mendapatkan Sertifikasi Operator Alat Berat Tambang

Tips Mendapatkan Sertifikasi Operator Alat Berat Tambang

Agar bisa mendapatkan Sertifikasi Surat Ijin Operator (SIO) dalam hal pengoperasioan alat berat di industri tambang bisa dibilang gampang-gampang susah. Sertifikasi ini bisa didapatkan tanpa harus memiliki SIM B2 dengan catatan alat berat yang dioperasikan tersebut tidak digunakan atau dijalankan di jalan raya atau jalan umum.

Sertifikasi SIO bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan operator alat berat yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasional menuju produktivitas dan efisiensi untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Sertifikasi SIO dan pelatihan ini dilakukan untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan terpadu bagi operator alat berat dalam menangani dan mengoperasikan alat berat seperti buldozer, excavator, crane, dan lain-lain.

Sertifikasi SIO didapatkan dengan beberapa metode pelatihan yang terdiri atas presentasi, diskusi, studi kasus, evaluasi, praktik, dan ujian sertifikasi.

Baca Artikel  ‘Naica Mine’ Gua Tambang yang Menyimpan Kristal Raksasa

Materi yang diajarkan untuk mendapatkan sertifikasi SIO meliputi kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dasar K3, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), peraturan perundang-undangan, pengetahuan dasar alat berat, safety device, perawatan  dan pemeriksaan alat berat, dan sebagainya.

Baca Juga: 512 Tambang Timah Siap Hasilkan Harta Karun Langka, Apa Itu?

Tersedianya operator alat berat yang tersertifikasi dan memiliki SIO di industri, diharapkan mampu memberikan peran optimal dalam perusahaan untuk mengendalikan resiko kecelakaan kerja.

Pastinya tidak sembarang orang bisa dengan mudah mendapatkan SIO karena profesi ini bisa dikatakan pekerjaan dengan risiko yang tinggi. Oleh karena itu, apabila ingin mendapatkannya maka harus mengikuti beberapa tahapan tes terlebih dahulu.

Baca Artikel  Real Time Coal Analyzer, Solusi Terkini Pengendalian Batubara

Terkait jenjang karir, profesi operator alat tambang tentu memiliki tahapannya sendiri. Yaitu dimulai dari dari operator junior – operator senior – pengawas lapangan – penanggung jawab keamanan, hingga pelatih.

Baca Juga : Sekilas Tentang K3 di Dunia Pertambangan

Bila pengalaman dan pelatihan yang diperoleh cukup, bukan tak mungkin bisa mendirikan usaha pelatihan khusus operator untuk alat berat milik sendiri.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer