Selasa, Juni 15, 2021

‘Naica Mine’ Gua Tambang yang Menyimpan Kristal Raksasa

Di negara utara Meksiko, tepatnya di Naica, kota Saucillo, terdapat sebuah gua tambang yang menyimpan kristal-kristal raksasa yang disebut dengan Naica Mine. Selain kristal besar, terdapat material lainnya yang dapat ditambang, seperti timbal, seng, dan silfer. Keseluruhan penambangan tersebut dijalankan oleh Industrias Penoles yang merupakan produsen timbal terbesar di Meksiko.

Jauh di bawah kedalaman Naica Mine tersembunyi gua-gua lain yang juga menyimpan harta karun terbesar di seluruh dunia. Salah satunya adalah gua Cueva de los Cristale. Gua ini menjadi perhatian publik karena terdapat lusinan kristal raksasa berwarna putih dan ungu sekilas tampak seperti pecahan gelas.

Di samping itu,  formasi kristal yang menakjubkan membuat tempat ini terkesan seperti berada di planet asing. Bahkan, ukuran kristal yang super besar seolah membuat manusia seperti liliput ketika berada di dalamnya.

Baca Juga : 3 Kegiatan Ekonomi Dunia Tambang yang Jarang Diketahui!

Menurut National Geographic magazine, kristal-kristal di tempat ini  termasuk bongkahan kristal terbesar di dunia. Kristal terbesar yang pernah ditemukan di sana panjangnya mencapai 12 meter, dengan diameter 4 meter, dan berat mencapai 55 ton. Oleh sebab itu, orang-orang kerap menyebut gua ini sebagai gua kristal raksasa.

Adapun jenis kristal yang ditemukan di Cueva de los Cristales adalah selenite crystal atau gypsum yang berdiameter 1,2 m (4 kaki) dan panjangnya mencapai 15 m. Ini merupakan kristal selenite terbesar yang pernah ditemukan.

Related Articles

Indonesia
115,197
Total active cases
Updated on June 15, 2021 6:12 am

Latest Articles