Kamis, Juli 25, 2024
MinerbaMineralIndonesia Siap jadi Produsen Produk Berbasis Nikel

Indonesia Siap jadi Produsen Produk Berbasis Nikel

Indonesia jadi produsen produk nikel – Pada Rabu (8/6/2022) dimulailah tahap kedua pembangunan industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Total investasi di industri baterai listrik terintegrasi ini mencapai USD9,8 miliar (Rp148 triliun).

Investasi dari hulu ke hilir telah tersebar di sejumlah kawasan di Indonesia. Salah satunya di Halmahera, Maluku Utara untuk smelter peleburan nikel. Pembangunan pabrik nikel tersebut  menyerap tenaga kerja sebanyak 20 ribu orang. 

Kemudian, industri pemurnian dan katoda di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah. Sementara pabrik baterai tengah dibangun di Karawang, Jawa Barat, dan pabrik mobil listrik di Cikarang, Jawa Barat. 

Baca Artikel  Anak Tambang Wajib Tahu, Manfaat Nikel Apa Saja..

Diharapkan sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, Indonesia akan menjadi produsen utama produk-produk barang yang berbasis nikel. Seperti lithium baterai, baterai listrik dan baterai kendaraan listrik.

Hal ini juga merupakan kesempatan besar dan peluang emas untuk membangun ekonomi hijau ke depan seperti yang telah direncanakan.

Investasi tersebut juga dapat memberikan tambahan pendapatan dan meningkatkan perekonomian negara. Berupa PPh badan, PPh karyawan, PPn-nya dan PNBP.

Baca Juga: Cadangan Nikel Besar, Indonesia Berpotensi Jadi Pemain Global

Juga memperkuat neraca perdagangan, meskipun sekarang sudah surplus selama lebih dari 20 bulan dan diharapkan mampu menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

Indonesia saat ini juga menjadi negara penghasil besi baja stainless terbesar nomor dua di dunia.

Baca Artikel  Kenali Manfaat Nikel Untuk Industri Pembangunan Negara

Rupanya transformasi ini akan diikuti dengan barang-barang tambang seperti tembaga dan bauksit untuk aluminium, yang dapat menjadi tulang punggung industri energi baru dan terbarukan, termasuk baterai lithium dan mobil listrik. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer