Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangAnak Tambang Wajib Tahu, Manfaat Nikel Apa Saja..

Anak Tambang Wajib Tahu, Manfaat Nikel Apa Saja..

Manfaat Nikel – Uni Eropa (UE) tengah menggugat Indonesia melalui Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization) terkait kebijakan penghentian ekspor bijih nikel dan beberapa bahan baku lainnya.

Pemerintah ingin membuka peluang bagi negerinya sendiri dan melindungi perdagangan bijih nikel karena nikel termasuk sumber daya alam (SDA) tidak terbarukan.

Nikel merupakan logam yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan makhluk hidup yang terkubur di dalam tanah selama jutaan tahun.

Pada tahun 1600-an, para penambang Jerman yang sedang mencari tembaga di Ore Mountains menemukan bijih nikel yang sebelumnya tidak dikenal.

Para penambang tersebut kemudian berusaha mengekstraksi logam tersebut tetapi gagal berproduksi. Para penambang yang frustasi menyalahkan Nickel, iblis nakal dalam mitologi Jerman, karena mempermainkan mereka dan mulai menyebut bijih itu sebagai kupfernickel atau ‘setan tembaga’.

Baca Artikel  GPR : Metode Geofisika untuk Eksplorasi Nikel

Namun pada 1751, Baron Axel Fredrik Cronstedt, ahli kimia Swedia mencoba memanaskan kupfernickel itu dengan arang dan menemukan bahwa itu bukan tembaga. Kemudian Cronstedt mengekstrak nikel dan mengisolasinya sebagai elemen baru.

Baca Juga: Manfaat Nikel Melimpah, RI Jadi Produsen Mobil Listrik

Nikel merupakan elemen utama yang ada pada inti bumi dan saat ini merupakan material yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia.

Berikut rincian beberapa manfaat nikel bagi kehidupan manusia:

1. Campuran pada besi baja kualitas tinggi tidak terlepas dari campuran dengan nikel. Campuran nikel menjadikan besi baja menjadi tahan karat dan lebih baik dibanding besi baja yang dicampur alumunium.

2. Pembuatan kawat yang tahan terhadap karat menggunakan campuran nikel, yang dapat digunakan seperti pembentukan turbin pesawat.

Baca Artikel  Kenali Manfaat Nikel Untuk Industri Pembangunan Negara

3. Pembuatan rangka otomotif yang dicampur dengan nikel akan terlihat lebih berkilau serta tidak mudah berkarat dan awet

4. Pembuatan koin umumnya dari nikel karena sifatnya yang keras dan mudah dibentuk, lebih padat dan berat, apabila dibandingkan dengan aluminum.

5. Campuran pembuatan stainless steel menggunakan nikel karena tahan karat. Sehingga perabot dapur biasanya dibuat dari bahan campuran nikel.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer