Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangKenali Manfaat Nikel Untuk Industri Pembangunan Negara

Kenali Manfaat Nikel Untuk Industri Pembangunan Negara

Material nikel sangat kaya manfaat, salah satu penggunaannya yakni bisa menjadi roda penggerak ekonomi dan pembangunan negara.  

Selain itu, penambangan nikel sangat dipengaruhi oleh struktur materialnya yang keras, tetapi sangat mudah untuk ditempa dan diolah. Termasuk dalam kategori logam, nikel berasal dari sisa tumbuhan dan juga makhluk hidup yang telah terpendam di dalam tanah selama jutaan tahun lamanya.

Di samping itu, komoditas hasil bumi belakangan ini banyak diburu. Indonesia menjadi salah satu negara di seluruh penjuru dunia  yang dikarunia nikel yang melimpah.Keadaan ini tentu memiliki manfaat yang besar untuk industri pembangunan di Indonesia. 

Industri Otomotif

Nikel sering kali diolah menjadi besi baja karena memiliki sifat yang kuat dan tahan karat. Karena hal inilah bahan nikel banyak dimanfaatkan di industri otomotif atau untuk bahan kerangka kendaraan. Selain itu, era sekarang memasuki kemajuan yang cukup pesat di bidang ini. Hadirnya kendaraan listrik akan sangat menguntungkan dari segi ekonomi dan pembangunan negara.

Baca Artikel  Pembangunan Smelter Nikel Buka Peluang Loker Baru

Konstruksi Bangunan

Di bidang bangunan, nikel memiliki manfaat karena bahan logamnya sangat dibutuhkan. Selain karena kekuatannya, baja hasil olahan nikel mengandung sifat tahan panas yang cukup tinggi, sehingga bangunan menjadi tidak mudah terbakar. Sifat anti korosinya juga membantu sebuah bangunan bisa tetap berdiri kokoh untuk jangka waktu yang lama.

Militer

Baja sebagai salah satu olah nikel kekuatannya memang sudah tidak diragukan lagi. Oleh karenanya militer di negara manapun, termasuk Indonesia  memanfaatkannya material ini  sebagai peralatan militer. Mulai dari senjata, pelapis dan kerangka kendaraan militer, hingga menjadi bahan pelindung pesawat ruang angkasa yang tahan panas matahari.

Baca Juga : Cadangan Nikel Indonesia Mencapai 4,5 miliar Ton

Baca Artikel  Harga Nikel Melesat 19 Persen, Indonesia Dapat Rezeki!

Komponen Elektronik

Komponen hasil nikel yang diolah juga bisa ditemukan di sejumlah perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer. Kini era teknologi juga telah memasuki penggunaan komponen nano, dan nikel tetap berperan besar di dalamnya.Dengan adanya manfaat dari nikel ulasan di atas, tentu Indonesia harus mampu memanfaatkan komoditas ini semaksimal mungkin. Semua itu sejalan tujuan pembangunan negara yang mengutamakan kesejahteraan rakyatnya.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer