Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubaraIndonesia Termasuk 6 Negara Eksportir Batubara Terbesar 2022

Indonesia Termasuk 6 Negara Eksportir Batubara Terbesar 2022

ilmutambang.com – Tahun 2022 kini, Indonesia masuk dalam jajaran 6 negara eksportir batubara terbesar di dunia. Batubara menjadi sumber energi yang penting bagi kehidupan manusia selama berabad-abad. Meski sedang terjadi pergeseran ke energi terbarukan dan bersih tengah berlangsung, batubara tetap memegang peran penting dalam memasok energi di seluruh dunia.

Selain itu batubara juga termasuk salah satu komoditi penting dalam dunia investasi. Untuk itu orang perlu mengenal penghasil batubara terbesar di dunia:

  1. China

    Penghasil batubara terbesar di dunia, dengan produksi lebih dari 3,84 miliar ton batubara per tahun. Hampir separuh dari produksi batubara dunia berasal dari China.
  2. India

India merupakan penghasil batubara terbesar kedua dunia dengan produksi lebih dari 700 juta ton batubara per tahun. Batubara merupakan sumber energi utama bagi India, yang digunakan untuk pembangkit listrik.

Baca Artikel  Batubara Menopang Perekonomian Negeri
  1. Amerika Serikat 

Amerika Serikat adalah penghasil batubara terbesar ketiga di dunia, dengan produksi sekitar 640 juta ton batubara per tahun. Batubara Amerika yang berkualitas tinggi itu berasal terutama dari Appalachia dan Wyoming.

  1. Australia

Australia adalah penghasil batubara terbesar keempat di dunia, dengan lebih dari 500 juta ton batubara per tahun. Australia juga merupakan pengekspor batubara terbesar di dunia, sebagian besar dikirim ke negara-negara Asia seperti China dan Jepang.

  1. Indonesia

Indonesia tercatat sebagai penghasil batubara terbesar kelima di dunia, dengan produksi sekitar 450 juta ton batubara per tahun menjadikan Indonesia masuk dalam 6 negara eksportir batubara terbesar.

Indonesia dikenal sebagai pengekspor batubara terbesar di dunia, terutama ke negara-negara Asia seperti China, India dan Jepang. 

Baca Artikel  7 Jurusan Ini Paling Dibutuhkan di Industri Pertambangan, Yuk Cek di Sini!
  1. Rusia

Negara penghasil batubara terbesar keenam di dunia, dengan produksi lebih dari 350 juta ton batubara per tahun adalah Rusia. Rusia memiliki cadangan batubara yang sangat besar di Siberia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ilmu Tambang (@ilmutambang.id)

Kawan tambang, dunia memang sedang beralih dari energi fosil, seperti batubara ke energi bersih dan terbarukan. Namun peran penting batubara bagi kehidupan manusia tidak dapat diabaikan begitu saja.

Baca Artikel  Semester 1 2023, Volume Produksi Batubara Nasional Capai 359 Juta Ton

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer