Rabu, Februari 1, 2023
Berita TambangGood! Industri Barang Tambang Ini Miliki Prospek Cerah

Good! Industri Barang Tambang Ini Miliki Prospek Cerah

ilmutambang.com – Indonesia merupakan negara penghasil nikel terbesar di dunia. Industri nikel akan menjadi primadona di Indonesia. Dalam jangka panjang nikel memiliki prospek yang sangat bagus. 

Apalagi baru-baru ini, tren kenaikan harga nikel global tentunya berdampak positif terhadap harga patokan mineral (HPM) nikel di Indonesia. Kinerja ini membuat pemerintah dan para pelaku usaha tambang nikel kian optimis terhadap masa depan industri tersebut di Indonesia.

Fakta menarik lain dari nikel yaitu, barang tambang ini tidak hanya bisa dijadikan bahan baku baterai kendaraan listrik saja melainkan juga ditingkatkan menjadi produk-produk lain bernilai ekonomi tinggi.

Baca Artikel  Perusahaan Induk Kideco Siap Pacu Penjualan Motor Listrik Alva

Demi memaksimalkan hasil pengolanikel agar menjadi komoditas yang mempunyai nilai lebih, terdapat tiga hal yang perlu dilakukan pemerintah agar industri nikel ke depan makin bersinar. 

Pertama, menciptakan dan menjaga ekosistem nikel, terutama kapasitas produksi bisa dipenuhi dan sesuai target. Kedua, inovasi produk turunan nikel melalui riset dan pengembangan, serta kerja sama dengan banyak pihak. Ketiga, transfer teknologi. 

Di sisi lain, kehadiran nikel serta produk turunannya yang lebih ramah lingkungan akan berkontribusi pada target nol emisi karbon atau net zero emission (NZE) pada 2060. 

Nikel tidak hanya sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik saja, tetapi mampu menyerap banyak tenaga kerja di sekitar wilayah penambangan.

Baca Artikel  Ini Segudang Manfaat Nikel untuk Kehidupan, Bisa untuk Industri Militer!

Oleh karena itu pemerintah memiliki pekerjaan rumah besar bagi untuk menjaga iklim investasi bagi investor dalam maupun luar negeri demi merealisasikan prospek cerah industri nikel di masa depan.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer