Jumat, Maret 1, 2024
Ilmu TambangIni 7 Alat Keselamatan yang Perlu Ada dalam Underground Mining

Ini 7 Alat Keselamatan yang Perlu Ada dalam Underground Mining

Pekerjaan penambangan memiliki risiko yang sangat tinggi, apalagi jika pekerjaan dilakukan di bawah tanah yang pernah kita bahas, yaitu Kriteria dan Klasifikasi Kecelakaan Tambang.

Safety In Underground Mining

Pekerja Underground mining perlu dibekali dengan alat pelindung diri. Karena ini persyaratan wajib yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan demi keamanan dan keselamatan para pekerja.

Tambang bawah tanah memiliki lebih banyak potensi risiko yang dihadapi. Misalnya udara kotor, risiko batuan runtuh, gas beracun, zat kimia berbahaya dan masih banyak lagi. Keselamatan pekerja adalah tanggung jawab perusahaan.

Perusahaan harus menyiapkan kelengkapan alat keselamatan sebelum memulai pekerjaan tambang. Alat pelindung diri bagi pekerja tambang berfungsi untuk mengisolasi sebagian maupun seluruh bagian tubuh dari potensi bahaya.

Baca Artikel  Catat! Proses Pembentukan Barang Tambang dan Persebarannya

7 Alat Keselamatan Tambang

Kriteria Ada berbagai peralatan mulai dari kepala hingga kaki yang harus memenuhi standar keselamatan. Untuk pekerjaan ini, ada beberapa Alat Keselamatan yang wajib dikenakan.

1.Safety Helmet atau Helm

Helm tambang berguna untuk melindungi kepala dari benda jatuh atau benturan benda secara langsung. Misalnya batu, kerikil, besi, bongkahan tanah dan sebagainya. 


  1. Safety Vest (Rompi Reflektor)

Untuk memudahkan pengenalan posisi pekerja saat gelap. Sebab pertambangan underground mining bisa berlangsung selama 24 jam.


  1. Safety Shoes/Safety Boot atau Sepatu Pengaman

Untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki. Misalnya tertimpa benda tajam, benda berat, benda gerah, cairan kimia, tertusuk besi runcing, benda panas dan sebagainya. Dan membantu untuk berjakan di area licin dan berlumpur.


  1. Safety Goggles, Glasses atau Kacamata Pengaman

Untuk melindungi mata secara menyeluruh dan menghindarkan dari terpaan debu, cipratan minyak, cairan kimia dan cahaya silau.

  1. Ear Plugs atau pengaman telinga

Untuk melindungi pendengaran di area bising dan dapat mencegah gangguan pendengaran.

  1. Safety Harness atau Tali Pengaman

Untuk antisipasi evakuasi darurat dan memudahkan jika harus turun ke area lebih bawah lagi.


  1. Face Shield (Pelindung Wajah)

Untuk melindungi wajah dari percikan api saat melakukan pengelasan.

Baca Artikel  Sah! Pulau Timah Belitong Kini Resmi jadi Global Geopark

Tentu masih banyak peralatan keamanan dan keselamatan yang harus disiapkan sebagai antisipasi keadaan darurat di wilayah tambang bawah tanah. 

 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer