Senin, April 15, 2024
Berita TambangSah! Pulau Timah Belitong Kini Resmi jadi Global Geopark

Sah! Pulau Timah Belitong Kini Resmi jadi Global Geopark

Pulau Timah Belitong yang menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), diresmikan UNESCO jadi Global Geopark.

UNESCO meresmikan pada sidang ke-211 yang diselenggarakan secara daring dan dipimpin dari Paris, pada 15 April 2021.

Geopark Belitong kini merupakan geopark nasional Indonesia ke-6 yang masuk ke dalam daftar UNESCO Global Geopark (UGG).

UNESCO mengakui keberagaman geologis di Pulau Belitung dan kepulauan di sekitarnya. Batuan, mineral, proses geologis dan tektonis, serta evolusi bumi di Belitung menjadi lanskap keberagaman yang unik bagi UNESCO.

Dalam pengajuan geopark nasional ke UGG, Geopark Belitong meraih nilai tertinggi sepanjang sejarah yaitu 850 dari 1000 poin.

Beberapa faktor yang mempengaruhi nilai tersebut seperti, adanya keterikatan yang kuat antara aspek geologis, biologis dan budaya di pulau ini.

Baca Artikel  Menelisik Alur dan Cara Kerja di Dunia Tambang

Selanjutnya menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna yang diantaranya hanya ditemukan di Belitung yaitu ikan Hampala dan ikan Toman. Serta adanya pemanfaatan tanaman herbal oleh masyarakat.

Faktor lainnya adalah Pulau Belitong memiliki nilai sejarah bagi peradaban sosial dan ekonomi. Terdapat empat potensi warisan geologi bernilai tinggi yaitu, Geomorfologi batuan granit di Perairan Pulau Belitong, Peninggalan Gunung Api Purba bawah laut Lava Bantal Siantu, Penemuan mineral timah terbesar di Asia Tenggara pada Formasi Kelapa Kampit, dan Batu Meteorit (Tektite/Satam) yang tersebar pada zona quarter alluvial.

Baca Juga: Dukung Energi Bersih! Kideco Bangun PLTS di Paser

Gubernur Provinsi Kepulauan Babel Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang terlibat dan telah bekerja keras menyiapkan usulan dokumen Dossier. 

Baca Artikel  Perusahaan Induk Kideco Gencarkan Proyek PLTS Atap 500 MWp

Penetapan ini merupakan upaya bersama dari berbagai pemangku kepentingan, mulai dari Pemerintah Pusat, daerah, akademisi hingga pada pemuda dan masyarakat lokal.

Erzaldi menambahkan dengan Geopark Belitong diresmikan UGG menjadi persembahan untuk masyarakat Belitong dan khususnya Belitung Timur serta seluruh masyarakat Babel.

Momentum ini harus dimanfaatkan dan bersiap diri untuk menghadapi ekonomi kreatif dari kunjungan wisata Geopark Belitong.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer