Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubaraIni Dia Kapal LCT! Alternatif Pengangkut Batu Bara

Ini Dia Kapal LCT! Alternatif Pengangkut Batu Bara

Kapal Landing Craft Tank (LCT) adalah kapal yang berfungsi sebagai angkutan laut atau perairan dangkal. Kapal LCT juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengangkut batu bara antar lokasi atau antarpulau.

Kapal LCT dapat dikatakan sejenis dengan kapal feri, namun yang membedakannya adalah kapal ini memiliki tenaga yang lebih kuat daru feri.

Jika melihat ke sejarahnya kapal ini adalah jenis kapal laut yang dibuat dan digunakan untuk keperluan saat militer pasukan sekutu yang mengalami kekalahan besar.

Terdapat usul baru  penggunaan kapal LCT ini oleh Perdana Menteri Inggris untuk mendaratkan mesin-mesin perang di wilayah Eropa.

Hingga saat ini kapal LCT difungsikan untuk mengangkat cargo yang mayoritas alat berat, bahan konstruksi sampai alternatif pengangkut baru bara.

Baca Artikel  Mengenal GPS Geodetik untuk Survei dan Pemetaan

Terdapat beberapa keunggulan dari kapal LCT yaitu,

      • Efisien

Jika dibanding dengan kapal tongkang, kapal LCT relatif lebih efisien dalam mengangkut barang atau batu bara ke daerah-daerah pertambangan, termasuk untuk daerah terpencil.

Kapal LCT tidak memerlukan pelabuhan yang besar untuk proses bongkar muat, karena kapal ini dapat melakukan proses tersebut di area yang lebih fleksibel.

Baca Juga : Harga Batubara Meroket! Industri Pelayaran Kecipratan Berkah

      • Memiliki Tempat yang Rata dan Luas

Dengan tempat atau medan kapal yang rata dan luas membuat kapal ini mampu digunakan sebagai pengangkut alat berat ataupun batu bara. 

Selain itu terdapat fungsi lain seperti pembersih dan penyapu ranjau dan alternatif alat transportasi pertambangan dan proyek konstruksi.

      • Transportasi Pengangkut Muatan Berat
Baca Artikel  Harga Nikel Terangkat Berkat Pulihnya Industri China

Memiliki harga yang relatif murah sebagai transportasi angkut, kapal LCT juga digunakan sebagai pengangkut Bulldozer, Dump Truck, Heavy Cargo, Excavator dan alat berat lain.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer