Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangIni Tempat Wisata Bekas Tambang Timah di Bangka, Cocok untuk Libur Akhir...

Ini Tempat Wisata Bekas Tambang Timah di Bangka, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Pulau Bangka tidak hanya kaya dengan wisata pantai dan bawah laut. Namun sekarang sudah ada tujuan wisata baru, yaitu tujuan wisata keluarga dari lahan bekas tambang pasir timah.

Lahan bekas tambang pasir timah itu terletak di Air Biat, Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tujuan wisata baru ini adalah Buana Mega Wisata (BMW), yang dibangun di atas lahan seluas 40,8 hektare dan menghabiskan dana kurang lebih Rp10 miliar. 

BMW dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, di antaranya wisata alam ramah lingkungan, sepeda air atau bebek sepeda, kolam renang, icon pulau Bangka dan lainnya.

Dari Kota Pangkalpinang pengunjung harus menuju ke arah barat pulau Bangka kurang lebih 2,5 jam untuk sampai ke tempat wisata ini. Sampai di Muntok kemudian menuju Bukit Menumbing.

Baca Artikel  Kenapa Batuan Tambang Tidak Bisa Terbakar?

Pengunjung dikenai biaya masuk masuk Rp5 ribu untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Di kawasan wisata para penjual makanan ringan maupun berat dan berbagai minuman siap melayani para wisatawan.

Untuk mencegah kerusakan lingkungan akibat kegiatan tambang, pemerintah telah mengeluarkan peraturan reklamasi tambang, yang tertuang di dalam Pasal 161 B ayat (1) UU No. 3 Tahun 2020. 

Peraturan ini mewajibkan seluruh perusahaan tambang melakukan reklamasi. Reklamasi diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi lingkungan bekas tambang karena menjadi lahan pertanian, kehutanan dan kawasan wisata.

Yuk tunggu apalagi, apabila Kawan Tambang tertarik mengunjungi tempat ini yuk segera kunjungi Buana Mega Wisata (BMW), karena sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama seluruh keluarga. 

Baca Artikel  Jadi Produsen Terbesar Dunia, Berapa Cadangan Nikel RI?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer