Selasa, April 16, 2024
Berita TambangIndika Perusahaan Induk Kideco Beri Sinyal Divestasi Tahun Ini

Indika Perusahaan Induk Kideco Beri Sinyal Divestasi Tahun Ini

ilmutambang.com – Perusahaan Induk PT Kideco Jaya Agung (Kideco) yakni PT Indika Energy Tbk (INDY) memberi sinyal akan kembali melepas aset (divestasi) yang berhubungan dengan energi fosil, khususnya batubara. 

Holding Kideco tersebut sebelumnya telah melakukan divestasi kepemilikan di tiga anak usaha, yakni PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS), PT Petrosea Tbk (PTRO) dan PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU).

INDY melakukan divestasi seiring dengan tujuan perseroan telah menargetkan peningkatan kontribusi pendapatan dari bisnis non-batubara menjadi 50 persen pada 2025. Sampai pertengahan 2023, kontribusi batubara masih mencapai 82,03% terhadap total pendapatan INDY.

Dari total pendapatan Indika Energy sepanjang semester I-2023 yaitu sebesar US$ 1,67 miliar. Sebanyak 82,03% atau US$ 1,3 miliar berasal dari penjualan batubara, sisanya berasal dari pendapatan kontrak dan jasa sebesar US$ 156,84 juta, serta perdagangan lainnya US$ 137,5 juta.

Baca Artikel  Gaji Lulusan Teknik Pertambangan Sampai Rp110 Juta? Berikut Faktanya…

Sedangkan sepanjang Januari-Juni 2023 pendapatan Indika Energy dari bisnis hijau baru sekitar US$ 7,66 juta, atau setara 0,45% dari total pendapatan periode tersebut. Pendapatan lain perusahaan dari sektor non-batubara juga berasal dari bisnis ventura digital sebesar US$ 4,08 juta enam bulan pertama tahun ini.

Direktur Utama Indika Energy (INDY), Arsjad Rasjid inti transisi ambisius INDY adalah diversifikasi, dekarbonisasi dan divestasi. Ketiganya merupakan formula dasar untuk menjawab tantangan yang sangat kompleks saat ini. 

Satu, holding Kideco ini juga melakukan diversifikasi ke bisnis rendah karbon. Dua, melakukan dekarbonisasi operasi untuk mengurangi jejak karbon. Tiga, melakukan divestasi dari bisnis lama yang berpusat pada batubara.

Baca Artikel  Sebelum Kerja di Perusahaan Tambang, Simak Dulu Yuk 5 Fakta Berikut!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer