Kamis, November 30, 2023
MinerbaBatubaraSebelum Kerja di Perusahaan Tambang, Simak Dulu Yuk 5 Fakta Berikut!

Sebelum Kerja di Perusahaan Tambang, Simak Dulu Yuk 5 Fakta Berikut!

ilmutambang.com – Kerja di perusahaan tambang merupakan impian banyak mahasiswa dan profesional. Karena perusahaan tambang dinilai memberi gaji lebih tinggi dan fasilitas terbaik dibandingkan sektor industri lain.

Perusahaan tambang umumnya menawarkan gaji kepada pekerja antara Rp15 juta hingga Rp30 juta per bulan.

Namun, ada beberapa fakta penting yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk bekerja di industri tambang.

Fakta Bekerja di Perusahaan Tambang

  1. Mobilitas dan Perpindahan Tempat Kerja

Tempat kerja penambangan seringkali berpindah-pindah karena mencari daerah yang memiliki kandungan mineral atau material tambang yang potensial. Saat sebuah lokasi sudah tidak mengandung sumber daya, mereka harus pindah ke tempat lain.

  1. Tidak Mengenal 8 Jam Kerja

Kerja di perusahaan tambang tidak mengenal konsep 8 jam kerja tetapi berkisar 10-14 jam per hari. Karena proses penambangan membutuhkan waktu yang lama, sehingga para pekerja biasanya memiliki jam kerja lebih panjang juga. Disamping itu, perusahaan tambang biasanya menjadwalkan waktu istirahat dan hari libur yang cukup, dengan jatah libur selama 14 hari dalam sebulan.

  1. Kondisi Fisik Prima adalah Kunci

Para pekerja tambang harus memiliki kesehatan dan kondisi fisik prima. Karena proses pekerjaan, misalnya di bawah tanah atau pekerjaan dengan jam kerja panjang akan membawa risiko kesehatan yang tinggi. 

  1. Keahlian Khusus dan Keselamatan Kerja

Para pekerja tambang harus memiliki keahlian khusus yang melibatkan teknologi dan berbagai jenis alat berat yang memerlukan keterampilan khusus. Selain itu, para pekerja harus menguasai keterampilan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

  1. Kecerdasan Emosi Diperlukan

Para pekerja tambang harus memiliki kecerdasan emosi, yaitu kemampuan untuk merencanakan masa depan dan mengatasi masalah yang muncul dalam kondisi serba terbatas. Membuat keputusan yang baik dan manajemen emosi yang efektif dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif.

Perlu Kawan Tambang tahu, bekerja di industri tambang tidak hanya impian indah namun juga merupakan fakta nyata yang membutuhkan banyak pengetahuan, kecerdasan emosi dan kebugaran badan. 

Baca Artikel  Sudah Tahu Definisi Recovery, Reklamasi, Restorasi dan Rehabilitasi di Pertambangan?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer