Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangInilah 5 Batu Permata Paling Unik di Dunia

Inilah 5 Batu Permata Paling Unik di Dunia

Batu  permata (gemstone/jewel) merupakan bagian dari mineral kristal yang pengerjaannya terbilang unik dan istimewa. Selain karena pengolahannya yang khas, batu permata yang digunakan untuk aksesori perhiasan ini juga memiliki sifat kilap dan estetika. 

Komponen nilai pada batu permata inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang menggemari barang ini. 

Namun, tahukah kamu bahwa di dunia ini ada 5 permata paling berharga dan unik. Berikut ulasannya.

  • Tanzanite 

Mineral Tanzanite hanya dapat ditemukan di negara Tanzania. Tanzanite sangat unik dan mahal dikarenakan warna birunya yang khas. Batu permata Tanzanite merupakan mineral zoisite berwarna biru dan violet yang tergolong dalam mineral epidote.  Saat ini Tanzanite dengan karat di atas 3 dan kualitas warna (AAA+)  dipatok dengan harga $750 per gram.

Baca Artikel  Jenis Bahaya Open Pit Mining dan Cara Pencegahannya

Baca Juga : Mari Kenali Kegiatan Pengeboran di Dunia Tambang

  • Black opal/Dark Opal

Black Opal merupakan istilah yang dipakai untuk mineral opal yang memiliki warna dasar gelap, seringkali warna abu-abu dan warna hitam. Mineral ini sangat langka dan unik karena warna dasar yang gelap membuat warna merah atau api menjadi lebih jelas sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi.

Batuan ini hanya didapati di kota Lightning Ridge, Australia.  Mineral Opal sendiri terbentuk dari silika amorf terhidrasi. Adapun harga batuannya berkisar dari $28 untuk 1 carat hingga $14.340 untuk 9 carat.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer