Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangAsyiknya Mengulik Instrumen Tambang, Yuk Pelajari Di Sini!

Asyiknya Mengulik Instrumen Tambang, Yuk Pelajari Di Sini!

ilmutambang.com – AURUM (Asyiknya Mengulik Instrumen Tambang) adalah salah satu program kerja Divisi Pendidikan Karier dan Keprofesian HMT (Himpunan Mahasiswa Tambang) ITB. AURUM bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan Anggota Biasa HMT-ITB mengenai instrumen tambang.

Para peserta AURUM akan belajar mengenai pengoperasian instrumen tambang, sementara pada AURUM Finalé akan dibahas studi kasus dan penggunaan instrumen di industri tambang.

Instrumen Tambang

Instrumen yang dibahas pada AURUM antara lain GPS, Total Station dan Kompas Geologi. Berikut rinciannya: 

 

1. Global Positioning System (GPS)

GPS adalah sebuah sistem untuk menentukan letak/posisi di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Pada AURUM I, mempelajari cara marking, tracking dan meng-import data ke software Garmin BaseCamp. 

 

2. Total Station (TS)

TS adalah suatu alat ukur (sudut dan jarak) survei digital elektronik yang akan memberikan data yang dibutuhkan di lapangan. Pada AURUM I, mempelajari cara centering dan levelling, serta pengambilan titik dengan menembak prisma.

3. Kompas Geologi

Kompas Geologi adalah instrumen yang menggabungkan kompas, klinometer dan hand level, dalam kegiatan survei lapangan, untuk mengukur kedudukan struktur geologi. Pada AURUM I, mempelajari cara pengukuran scanline, ketinggian objek dan plot titik di peta berdasarkan pengambilan data back azimuth. 

Uji Kuat Tekan menggunakan mesin tekan (compression machine) dan pembebanan nya mengikuti standar International Society Rock Mechanics. Pengukuran melalui pembacaan manometer gauge, atau load cell, atau pressure transducer. Sedangkan pengukuran perpindahan aksial dan lateral dilakukan dengan memasang dial gauge secara vertikal dan horizontal.

Baca Artikel  Dukung Transisi Energi! Holding Kideco Bangun PLTS

Sel Triaksial yaitu alat triaksial dengan fluida bertekanan yang dialirkan dengan menggunakan pompa hidraulik dan berfungsi sebagai tekanan pemampatan (σ3) yang diberikan kepada contoh batuan. 

Kuat Geser Batuan untuk mengetahui kuat geser batuan pada tegangan normal tertentu. Kuat Geser Batuan merupakan perlawanan internal batuan terhadap tegangan, yang bekerja sepanjang bidang geser dalam batuan tersebut, yang dipengaruhi oleh karakter intrinsik dan faktor eksternal. 

Untuk menopang batuan di dalam tambang bawah tanah, serta mencegah terjadinya runtuhan, maka diperlukan penyangga untuk dinding-dinding tambang bawah tanah. Pemilihan ground support umumnya dilakukan dengan metode-metode empiris, analitis, atau numerik.

Itu semua merupakan kegiatan yang ditawarkan oleh HMT-ITB bagi mereka yang ingin ikut Asyiknya Mengulik Instrumen Tambang (AURUM).

Baca Artikel  Produksi Batubara to The Moon, Penerimaan Negara Bertambah..

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer