Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangJangan Ngaku Anak Tambang Kalo Belum Tahu 6 Istilah Ini..!

Jangan Ngaku Anak Tambang Kalo Belum Tahu 6 Istilah Ini..!

ilmutambang.com – Bukan rahasia umum, dunia tambang penuh dengan beragam istilah unik yang digunakan dalam kegiatan usaha mereka sehari-hari.

Ada banyak sekali istilah yang digunakan dalam industri pertambangan, dan istilah-istilah tersebut terkadang cukup asing bagi orang awam yang belum pernah terjun di bidang ini.

Istilah Tambang

Nah bagi Kawan Tambang yang ngaku jadi anak tambang sudah lama, sudah tahu enam istilah ini belum? Jika belum, ayo belajar bareng yuk. Berikut rinciannya: 

  • Open-Pit Mining


    Open-Pit Mining atau Penambangan terbuka yaitu metode penambangan untuk mengambil deposit mineral di lapisan bawah tanah yang dangkal dengan menggali lubang besar (pit) di permukaan tana.

  • Underground Mining


    Underground Mining atau Penambangan bawah tanah yaitu metode penambangan untuk mengambil deposit mineral di bawah permukaan tanah, yang tidak dapat dijangkau dengan metode penambangan terbuka.

  • Pit


    Pit adalah lubang besar yang digali di permukaan tanah atau di lapisan bawah tanah yang dangkal untuk mengekstraksi bijih atau mineral yang terkandung di dalamnya.

  • Ore


    Ore adalah batuan atau mineral yang mengandung bahan tambang atau logam yang dapat diekstraksi oleh proses penambangan. Contohnya, emas, perak, tembaga, timah, nikel, besi, aluminium, dan lainnya.

  • Overburden


    Overburden adalah lapisan batuan atau material yang menutupi deposit mineral. Lapisan ini umumnya terdiri dari tiga jenis, yaitu Top Soil (lapisan tanah paling atas), Subsoil (lapisan tanah di antara Top Soil dan Overburden) dan lapisan inti tanah seperti Sand Stone, Clay dan lainnya.

  • Interburden (IB)


    Interburden adalah berbagai jenis batuan dan material seperti tanah, pasir, kerikil, lempung dan batuan endapan lainnya. Batuan ini harus dibersihkan selama proses penambangan mineral untuk dapat mengakses deposit mineral yang ditambang.

Kawan tambang, beberapa istilah yang digunakan dalam kegiatan tambang tersebut harus dibiasakan untuk digunakan, supaya lebih mudah dikomunikasikan dalam proses kerja di pertambangan.

Baca Artikel  Tertarik Kerja di Perusahaan Batubara? Ini Persyaratan Umum yang Perlu Kamu Tahu!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer