Jumat, April 16, 2021

Mau Jadi Pekerja Tambang? Pahami Dulu Open Pit Mining

Open pit mining merupakan metode operasi pertambangan secara terbuka yang dilakukan pada permukaan lokasi area tambang (surface mining).

Metode ini biasanya dilakukan di lokasi pertambangan yang cenderung datar atau suatu wilayah yang topografinya landai. 

Metode pertambangan jenis ini tentunya memerlukan observasi dan riset mendalam sebelum melakukan penggalian. 

Dinamakan sebagai Open Pit Mining karena metode penambangan ini dilakukan langsung pada permukaan areal tambang.

Di tambah lapisan tanah penutup/overburden harus digali dahulu dan harus dipindahkan untuk mendapatkan mineral/bahan galiannya.

Biaya penambangan terbuka jeni ini relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan metode pertambangan bawah tanah.

Pada prosesnya, perusahaan pertambangan yang melakukan open pit mining akan meledakan satu daerah batuan yang telah dipilih, tujuannya untuk mengekspor bijih mineral yang dikandung di dalam daerah tersebut. 

Setelah terjadi peledakan, nantinya akan tercipta areal kawah yang besar dan juga menyebabkan munculnya sejumlah besar puing-puing bahan mineral yang dicari. 

Langkah selanjutnya yakni mengumpulkan batu blasted yang muncul akibat peledakan. Setelahnya, akan dilakukan teknik yang bernama ekstraksi bijih. Teknik ini bertujuan untuk memisahkan mineral emas yang dikandung dari sisa batuan lainnya.

Baca Juga: Dunia Tambang Mengajak Pekerja Muda!

Metode penambangan terbuka idealnya dilakukan untuk mengekstraksi emas yang diduga terdapat pada batuan di sekitar permukaan tanah (surface land).

Setelah adanya peledakan, emas yang terdapat permukaan tanah akan muncul ke permukaan dengan sendirinya. Kemudian  proses pemisahan dapat dilakukan. 

Open Pit Mining Banyak Dilakukan Perusahaan Pertambangan

Bisa dikatakan metode penambangan emas open pit  banyak dilakukan oleh sebagian besar perusahaan pertambangan. 

Faktor terbesarnya yakni keberadaan tambang emas itu sendiri yang ada memang berasal dari permukaan tanah. Batuan tanah dengan kandungan emas akan diambil langsung dari areal lokasi tambang dan kemudian diolah untuk diekstraksi kandungan emasnya.

Tidak dapat dipungkiri banyak perusahaan penambangan lebih banyak memilih melakukan metode ini.

Tak hanya perusahaan penambangan dalam skala kecil sampai besar, penduduk sekitar areal tambang yang mengetahui ada potensi emas di wilayah tertentu juga melakukan metode pencarian emas dengan membuka satu areal untuk dijadikan sebagai lokasi penambangan emas.

Related Articles

Indonesia
108,032
Total active cases
Updated on April 16, 2021 10:07 am

Latest Articles