Minggu, April 21, 2024
Berita TambangJangan Ngaku Anak Tambang Kalo Belum Tahu Barang Tambang Ini!

Jangan Ngaku Anak Tambang Kalo Belum Tahu Barang Tambang Ini!

ilmutambang.com – Tidak dapat dipungkiri, jenis barang tambang Indonesia menjadi benda penambah pendapatan terbesar di negara. 

Indonesia dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya mampu menyumbangkan bahan tambang yang cukup beragam. Bahkan, barang tambang ini bisa menjadi komoditas yang sering dicari baik pasar dalam negeri maupun internasional

Barang tambang adalah material yang berasal dari dalam perut bumi yang telah terbentuk berjuta-juta tahun lamanya, namun tidak dapat diperbaharui.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apa saja ya barang tambang di Indonesia? Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasinya di bawah ini:

  1. Batubara

Batubara adalah barang tambang yang sangat terkenal dan banyak dicari untuk digunakan sebagai pengganti kayu, bahan pembuatan plastik dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Indonesia memiliki tambang batubara di Sumatera, Kalimantan, Jawa Barat, Sulawesi dan Papua.

  1. Perak
Baca Artikel  Yuk Pelajari Di Sini Penjelasan Tentang Barang Tambang!

Perak umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan logam mulia. Indonesia memiliki tambang perak di Cikotok Jawa Barat, Rejang Lebong Bengkulu, Bengkalis di Sumatra dan lain sebagainya.

  1. Platina

Platina merupakan logam berwarna putih keperakan sampai mengarah abu kehitaman, namun tidak mudah berkarat. Platina sering digunakan untuk pembuatan alat medis, perhiasan serta benda komunikasi.

  1. Emas

Emas merupakan benda yang sangat bernilai, bahkan jika dibandingkan dengan uang. Harga emas saat ini mencapai kurang lebih Rp. 900.000/ per gram. Indonesia memiliki tambang emas terbesar di dunia yang terletak di wilayah Papua.

  1. Fosfat

Fosfat adalah campuran antara batu kapur dengan kotoran kelelawar yang umumnya digunakan sebagai sebagai bahan dasar pupuk.

  1. Bijih Besi
Baca Artikel  Bekas Tambang Timah Disulap Jadi Industri Pengolahan Sagu

Besi merupakan logam yang sangat banyak digunakan dalam kehidupan manusia. Dari bahan bangunan rumah sampai peralatan makan.

Indonesia memiliki tambang bijih besi di Cilegon Banten, Pegunungan Verbeek di Sulawesi Tengah, Pulau Sebuku, Pulau Derawan serta Pulau Suwang di Kalimantan Selatan dan di Cilacap Jawa Tengah.

  1. Aluminum

Aluminum adalah logam yang berbobot ringan serta tahan lama, umumnya digunakan untuk membuat alat masak, perkakas dan mebel. Barang tambang ini banyak ditemukan di Papua.

  1. Gas Alam

Gas alam banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan dan di berbagai industri. Indonesia memiliki tambang gas alam di Bontang Kalimantan, Arun di Aceh serta di daerah Sumatera Selatan, Utara dan Jawa barat. 

  1. Minyak Bumi
Baca Artikel  Dunia Beri Sanksi Ke Rusia, Nikel Indonesia Berkah

Minyak bumi digunakan untuk keperluan memasak, bahan bakar, pembangkit listrik dan lain sebagainya. Indonesia memiliki tambang minyak bumi yang cukup luas mulai dari Jawa, Kalimantan bahkan di Maluku dan Papua.

  1. Timah

Timah adalah bahan tambang untuk pembuat kaleng makanan, pembungkus permen, rokok dan coklat serta untuk melapisi besi supaya tidak mudah berkarat.

Tambang timah Indonesia menempati posisi ke 4 dunia sebagai penghasil terbesar setelah Malaysia, Bolivia dan Thailand.

Demikian jenis barang tambang Indonesia yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer