Selasa, April 16, 2024
Berita TambangJarang Diketahui! Ini Fakta Menarik Jurusan Mining and Mineral Engineering

Jarang Diketahui! Ini Fakta Menarik Jurusan Mining and Mineral Engineering

ilmutambang.com – Jurusan Mining and Mineral Engineering dapat dikatakan cukup ‘ngehits’ di kalangan anak-anak SMA/SMK. Kenapa demikian? Hal tersebut lantaran para lulusan dari kedua jurusan bergaji besar

Mereka yang tidak suka pada sains dan matematika mungkin akan mengernyitkan dahi dan berpikir pasti kuliah di jurusan ini ribet, susah dan lain sebagainya. 

Benefit Jurusan Mining and Mineral Engineering

Ini beberapa fakta menarik Jurusan Mining and Mineral Engineering:

1. Gaji Tinggi

Lulusan jurusan ini yang telah bekerja memiliki gaji yang tinggi. Meskipun resiko pekerjaan pun cukup tinggi.

Beberapa perusahaan berani menggaji hingga 10 sampai 20 kali lipat. Sementara lulusan baru jurusan ini, bisa mendapat gaji Rp 10 juta hingga Rp 40 juta.

Gaji tertinggi adalah Chief Operating Officer, yaitu sebesar Rp 150 juta sampai Rp 300 juta.

Baca Artikel  Asteroid Bisa Ditambang Warga Bumi?

2. Tidak Hanya Belajar Sains dan Matematika

Ternyata jurusan ini tak hanya belajar matematika, fisika, kimia dan biologi, tetapi juga belajar juga ilmu geologi. Geologi adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat bumi beserta jenis-jenis batu-batuannya.

Selain itu jurusan ini ternyata mempelajari ilmu ekonomi. Karena saat melakukan proses penambangan harus juga memperhitungkan kegunaan dari hasil tambang tersebut dengan memperhitungkan sisi ekonominya.

3. Kesempatan Kerja Luas

Kesempatan kerja yang ditawarkan jurusan ini sangat luas, lo. Pantas saja banyak yang ingin masuk jurusan ini. Beberapa prospek kerja jurusan ini diantaranya bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya, di BUMN PLN dan Pertamina.

Wah, menarik, ya, karena bisa bekerja di pemerintahan. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi peneliti tambang serta menjadi dosen jurusan pertambangan.

Tak hanya itu saja, berbagai perusahaan swasta pun sudah menanti mereka untuk bergabung seperti PT. Freeport dan PT. Timah.

Baca Artikel  Simak Berbagai Proses di Pertambangan Batu Bara

Itulah gambaran fakta menarik Jurusan Mining and Mineral Engineering dan peluang kerja serta besaran gajinya. Jadi gimana Kawan, tertarik untuk masuk di antara kedua  jurusan tersebut? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer