Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangYuk Mengenal Jurusan Teknik Pertambangan dan Prospek Kerjanya Di Sini!

Yuk Mengenal Jurusan Teknik Pertambangan dan Prospek Kerjanya Di Sini!

ilmutambang.com – Tidak dapat dipungkiri, Indonesia memiliki sumber daya alam yang luar biasa banyak, salah satunya sumber daya alam tambang. 

Itulah sebabnya, apabila Kawan Tambang memilih jurusan di bidang teknik pertambangan saat kuliah nanti dipastikan lowongan kerja untuk di industri tambang akan selalu ada.  

Lalu yang Menjadi Pertanyaan, Apa Sih Jurusan Teknik Pertambangan? 

Jurusan Teknik Pertambangan merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari proses penambangan di mulai dari kegiatan penyelidikan (prospeksi), eksplorasi (pencarian), pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang.

Tujuan teknik penambangan yaitu untuk memastikan bahwa penambangan dilakukan secara efisien dan aman dengan menjaga keberlanjutan dan meminimalisir dampak lingkungan. 

Baca Artikel  Yuk Pahami Lebih Jauh Tentang Konsep Eksplorasi di Pertambangan

Mahasiswa di Jurusan ini saat kuliah nanti akan mempelajari berbagai macam ilmu, di antaranya yaitu geologi, geofisika, pengolahan mineral dan metalurgi. Selain itu, ada juga berbagai macam disiplin ilmu lain yang berkaitan dengan tambang. Mata kuliahnya banyak bersinggungan dengan Matematika dan Fisika.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan antara lain:

  1. Geologi Dasar
  2. Matematika Teknik
  3. Fisika Teknik
  4. Kristalografi dan Mineralogi
  5. Komputasi Tambang
  6. Teknik Eksplorasi
  7. Mekanika Teknik
  8. Ekonomi Mineral
  9. Metalurgi Umum
  10. Teknik Reservoir

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan dapat menjadi langkah awal untuk mengenal dunia pertambangan dengan lebih menyeluruh dan menyediakan kesempatan berkarir di dunia pertambangan. Lulusan Teknik Pertambangan dapat bekerja di industri tembaga, batu bara, emas, timah, besi, nikel dan lain sebagainya.

Baca Artikel  Indika Energy Ajukan Perpanjangan PKP2B Kideco

Selain itu, lulusan Teknik Pertambangan juga dapat berkarir di industri lainnya, seperti industri alat berat, semen dan pembangkit listrik. 

Bahkan apabila tertarik, alumni jurusan ini dapat bekerja di Kementerian ESDM sebagai inspektur, analis eksplorasi dan eksploitasi, analis pengembangan infrastruktur, serta analis ketenagalistrikan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer