Jumat, November 25, 2022

Yuk Pahami Lebih Jauh Tentang Konsep Eksplorasi di Pertambangan

Industri pertambangan merupakan industri padat modal, padat teknologi dan padat sumberdaya, serta beresiko tinggi. Industri ini menjadi unik dan membutuhkan usaha yang lebih untuk dapat menghasilkan keuntungan.

Saat ini sudah banyak disiplin ilmu dan teknologi yang terlibat di dalam industri pertambangann. Mulai dari geologi, eksplorasi, pertambangan, metalurgi, mekanik dan elektrik, lingkungan, ekonomi, hukum, manajemen, keuangan, sosial budaya, dan komunikasi.

Dasar aktivitas industri pertambangan adalah tingkat kepastian dari penyebaran endapan, geometri badan bijih (endapan), jumlah cadangan, serta kualitas, maka peranan ilmu eksplorasi menjadi hal yang sangat penting sebagai awal dari seluruh rangkaian perkejaan dalam industri pertambangan.

Pengelolaan kegiatan eksplorasi yang baik dan terstruktur itu harus terencana, terprogram dan efisien. Agar kegiatan eksplorasi berhasil, harus ada pemahaman konsep eksplorasi yang tepat dan terarah oleh para pelaku kegiatan eksplorasi, khususnya disiplin ilmu geologi dan eksplorasi tambang.

Kegiatan eksplorasi dilakukan demi memperoleh informasi secara terperinci dan teliti tentang lokasi, bentuk, dimensi, sebaran, kualitas, dan sumber daya terukur dari bahan galian, serta informasi mengenai lingkungan sosial dan lingkungan hidup.

Secara umum, kegiatan eksplorasi dalam industri pertambangan ditujukan untuk:

  1. Mencari dan menemukan cadangan bahan galian baru
  2. Mengendalikan pengembalian investasi yang ditanam, sehingga pada suatu saat dapat memberikan keuntungan yang ekonomis,
  3. Mengendalikan jumlah cadangan, karena cadangan merupakan dasar dari aktivitas penambangan,
  4. Mengendalikan atau memenuhi kebutuhan pasar atau industri, atau diversifikasi sumberdaya alam,
  5. Mengendalikan sumber-sumber bahan baku sehingga dapat berkompetisi.

Sebelum melakukan kegiatan eksplorasi, terdapat 5 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Pemahaman filosofi eksplorasi dan cebakan bahan galian
  2. Pengetahuan, ilmu dan teknologi yang terkait dengan pekerjaan eksplorasi,
  3. Pemahaman konsep dan metode eksplorasi,
  4. Prinsip dasar dan penerapan metode (teknologi) eksplorasi, dan Pengambilan keputusan pada setiap tahapan eksplorasi.

Demikian penjelasan terkait konsep dasar kegiatan eksplorasi di dunia bisnis pertambangan. Semoga bisa menambah wawasan Kawan Tambang yaa. 

Related Articles

Indonesia
63,863
Total active cases
Updated on November 25, 2022 5:20 pm

Latest Articles