Minggu, April 14, 2024
Berita TambangKampoeng CSR Kideco Berikan Segudang Manfaat Bagi Warga Paser

Kampoeng CSR Kideco Berikan Segudang Manfaat Bagi Warga Paser

Pernah dengar Kampoeng CSR Kideco untuk warga Paser belum? Sebagai perusahaan penambang batubara di Tanah Air, kiprah PT Kideco Jaya Agung (Kideco) memang sangat peduli terhadap masyarakat sekitar area pertambangan.

Hal itu dibuktikan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan. 

Beberapa program CSR telah dibuat oleh anak usaha PT Indika Energy Tbk ini, salah satunya yaitu Kampoeng CSR Kideco. Program ini merupakan penyediaan fasilitas infrastruktur terintegrasi dengan program Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Secara detail program itu dan program-program CSR lainnya itu dikupas oleh tim dari Kideco Jaya Agung saat mengikuti proses penjurian TOP CSR Awards 2023 secara daring. 

Baca Artikel  Intip Alasan Kenapa Batubara Tetap Jadi Energi Masa Depan

Beberapa program Kideco dalam Kampoeng CSR tersebut di antaranya:

1). Pendidikan : Pembangunan gedung SD, Pembangunan kantin sehat, Pelatihan guru, beasiswa S1 (full funded), dan lainnya. 

2). Kesehatan:  Program Canting (cegah & tangani stunting), pembangunan gedung puskesmas pembantu, pembangunan gedung posyandu, dan lainnya.

3). Ekonomi: Pembangunan perkebunan kelapa sawit 200 ha, pembangunan perkebunan karet 50 ha, pembangunan kawasan pertanian terpadu 6,5 ha (IFS), pelatihan & pendampingan kelompok tani sentra produk UMKM, dan lainnya. 

4). Infrastruktur: Pembangunan jalan poros antar desa, pembangunan jalan pemukiman, pembangunan jembatan penghubung, penyediaan fasilitas air bersih, dan lain sebagainya.

Direktur Legal External dan Security Kideco, Arif Kayanto mengatakan program CSR yang dijalankan Kideco ini sudah mencapai 61% dari seluruh penduduk Kabupaten Paser yang mencapai 275.452 jiwa dengan total penerima manfaat sebanyak 168,679 jiwa. 

Baca Artikel  Cadangan Batubara Indonesia Sebanyak 37 Miliar Ton

“Penerima manfaat dari program–program CSR Kideco sudah mencapai lebih dari setengah penduduk Kabupaten Paser (61%),” ungkap Arif. 

Untuk diketahui, Kideco merupakan perusahaan tambang batubara yang didirikan pada September 1982 silam dengan Keputusan Dirjen Pertambangan Umum Republik Indonesia No:291 K/2014/DDJP/1992, Sebagai pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) dengan luas area 47,500 Ha. 

Produsen batubara terbesar ketiga di Indonesia dengan pangsa pasar dalam negeri 37% dan luar negeri 63%.

Lokasi tambang  Kideco berada di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Selama beberapa tahun belakangan, anak usaha INDY itu memproduksi batubara sebanyak 30 jutaan ton. 

Di tahun 2022 lalu, produksi batubara Kideco sebanyak 34,7 juta ton. Dengan kinerja yang apik itu maka selaras pula dengan program CSR-nya yang juga apik. 

Baca Artikel  3 Tips Perawatan Kontainer Tambang Agar Tetap Prima!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer