Minggu, April 21, 2024
Berita TambangKampoeng Reklamasi Air Jangkang, Tempat Wisata Edukasi di Lahan Bekas Tambang

Kampoeng Reklamasi Air Jangkang, Tempat Wisata Edukasi di Lahan Bekas Tambang

ilmutambang.com – Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu memiliki berbagai pilihan destinasi liburan. Selain objek wisata alam, Pulau Timah ini juga terdapat wisata edukasi yang berada di lahan bekas tambang. Tempat ini bernama Kampoeng Reklamasi Air Jangkang

Kampoeng ini terletak di Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Walaupun dulunya merupakan bekas kawasan tambang, tapi kini telah diubah menjadi kawasan integrasi dan bisa menjadi alternatif pilihan untuk berlibur bersama keluarga. 

Kawasan bekas tambang ini mengusung konsep edu eco tourism. Dimana kawasan ini mengintegrasikan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, agrowisata, wisata air, hingga Pusat Penyelamatan Satwa. 

Baca Artikel  Agar Reklamasi Berjalan Lancar, Yuk Pahami Tantangan yang Ada

Di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang, kamu juga bisa melihat tanaman sayur dengan konsep hidroponik, tanaman buah-buahan, pembibitan, kolam ikan, dan peternakan sapi.


Hal yang harus Kawan Tambang tahu, di tempat wisata ini juga terdapat Pusat Penyelamatan Satwa (PPS). Jadi selain menikmati keindahan tanaman sayur hidroponik, kamu juga bisa melihat banyak  banyak satwa yang dilindungi seperti burung, kukang, buaya serta hewan-hewan lainnya. 

Di kawasan ini juga terdapat beberapa ikon yang bisa menjadi spot untuk berfoto seperti landmark kampoeng reklamasi Air Jangkang, rumah panggung, dermaga menuju wisata air, taman bunga matahari jika sedang musim berbunga. 

Baca Artikel  4 Destinasi Wisata di Sumbar Ini Ternyata Bekas Tambang, Minat Berkunjung?

Berbagai fasilitas juga tersedia di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang seperti mushola dan toilet. 

Kampoeng Reklamasi Air Jangkang juga kerap menjadi wisata edukasi, pasalnya banyak pelajar dari berbagai daerah yang sengaja berkunjung secara langsung ke kawasan ini. 

Melihat ragam keindahan yang ditawarkan tempat wisata Kampoeng Reklamasi Air Jangkang, jadi Kawan Tambang kapan nih berlibur ke sini? .

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer